MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KARAKTER WASAKA PADA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, COURSE REVIEW HORAY TERINTEGRASI STEM PADA SISWA KELAS VB SDN BASIRIH 1 BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18298Keywords:
Science Process Skills, WASAKA Character, and Model Problem Based Learning, Course Review HorayAbstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains pada konten IPA dan karakter WASAKA disiplin dan tanggung jawab pada siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan keterampilan proses sains dan karakter WASAKA siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning, Course Review Horay terintegrasi STEM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan karakter WASAKA disiplin dan tanggung jawab pada konten IPA siswa kelas VB di SDN Basirih 1 Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Jenis data penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru yang dilaksanakan dari siklus I sampai siklus II meningkat dengan skor 88. Aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus II secara klasikal meningkat sebesar 86%. Keterampilan proses sains pada siklus I sampai siklus II meningkat secara klasikal menjadi 86%. Hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada siklus I sampai siklus II meningkat secara klasikal yaitu mencapai 94%. Pada siklus I sampai siklus II aspek afektif meningkat secara klasikal yaitu mencapai 86%. Aspek psikomotorik dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 86%. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning, Horay Review Course Terpadu STEM dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan karakter WASAKA berupa kedisiplinan dan tanggung jawab pada konten IPA siswa kelas VB SDN Basirih 1 Banjarmasin.Downloads
References
Ahmar, H., Budi P., Ahmad, M., Mushawwir, A., & Khaidir, Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning : Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4(3), 10–17. Http://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Index.Php/Jkm
Annisa, M., Asrani, A., Salima, S. R., Handayani, M., & Norhayati, L. (2023). Pelatihan Perancangan Pembelajaran Abad-21 Melalui Pembelajaran Terintegrasi STEM Bagi Guru Sekolah Dasar. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 197-206
Anggraini, S. Noor., & Amberansyah. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama, Dan Hasil Belajar Muatan IPA Tema 6 Menggunakan Kombinasi Model PJBL, GI, Dan NHT Pada Siswa Kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 896-903.
Agustina, E., & Oviana, W. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Model Discovery Learning Dan Media Visual Pada Materi Kingdom Animalia. In Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Vol. 6, No. 1)
Arman, A., Annisa, M., & Kartini, K. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berkarakter Berbasis Integrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Keterampilan Proses Sains. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 1-10.
Asniwati, Fauzi, Z. A., & Rahima, L. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Ppkn Materi Keberagaman Karakteristik Individu Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (Pbl), Numbered Headss Together (Nht), Dan Make A Match Pada Kelas Iv Sdn Pekauman 3 . Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents.
Darmaji, A. (2014). Ranah Afektif Dalam Evaluasi Pendidikan Agama Islam, Penting Tapi Sering Terabaikan. El-Tarbawi, 8(1), 13-25.
Gazali, R. Y. (2019). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190. Https://Doi.Org/10.33654/Math.V2i3.47
Jannah, F., Fahlevi, R., & Herdawati, L. (2019). Pemahaman Guru Sekolah Dasar Negeri Hujan Amas 2 Terhadap Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Inovasi Pembelajaran. Prosidng Seminar Nasional Ps2dmp Ulm, 5(2), 63–68.
Kamila, N., & Annisa, M. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Karakter Peduli Lingkungan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Make a Match Berbasis STEAM. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 24(1), 1-10.
Maulana, M. F., & Annisa, M. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dan Team Games Tournament Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(2), 1535-1544.
Murnisela, D. Z. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Di Puskesmas Kabupaten Magelang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Mustari, M. (2017). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Depok: Rajawali Pers
Pebriyanti. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu Antara Penggunaan Metode Learning Stars With A Quaestion Dengan Topic Review Pada Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Satu Atap
Putri, M. A., Annisa, M., & Bua, A. T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Diaroma Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III A.
Rahmadina. (2020). Pengaruh Model Course Review Horay untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Pkn siswa kelas V SD Kapuh. Jurnal Pendidikan Tambusai 4 (3), 2250-2258, 2.
Rachman, A., Rachmayanie, R., & Wicahyati, R. (2021). Evaluation Of Home Visit Service Implementation Using Ucla Model In Sma Negeri 2 Banjarmasin. 3.
Rahma, R., & Isralidin, I. (2022). Implementasi Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bieruen. JEMAS: Juenal Edukasi
Sangai, G. (2020). Pengembangan Modul Berorientasi Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Iis Sma Pgri 1 Padang. 7(2), 9–19.
Saputeri, D., & Annisa, M. (2024). Kombinasi Model Problem Based Learning, Snowball Throwing Terintegrasi STEM Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(2), 1168-1178.
Sarbaini dkk. 2012. Pedoman Pendidikan Karakter Wasaka. Banjarmasin: UPT Mku
Sari, N., & Rafianti, W. R. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan PPKN Menggunakan Model Pelita Pada Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 336-342.
Shofina, N., & Annisa, M. (2023). Kombinasi Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Pemaknaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Wasaka Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 63-73.
Sumarsono. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 8(1), 10–32.
Suriansyah, A., Amelia, R., & Lestari, M. A. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (Pbl), Think Pair And Share (Tps) Dan Teams Games Tournament (Tgt) Di Kelas Vb Sdn Teluk Tiram 1 Banjarmasin. -, 5(1), 27–36.
Suriansyah, A., Aslamiah, Noorhapizah, Winardi, I., & Dalle, J. (2019). The relationship between university autonomy, lecturer empowerment, and organizational citizenship behavior in indonesian universities. Journal of Social Studies Education Research, 10(4), 127–152.
Syifa, S. A., & Annisa, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning, Numbered Head Together, STEM Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(6), 2773-2782.
Wahyuningsih, Y., Rchmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2018). Hots (Higher Order Thinking Skills) Dan Kaitannya Dengan Keterampilan Generik Sains Dalam Pembelajaran Ipa Sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 227–234.
Wandhani, S. A., & Annisa, M. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.