PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA SDN 1 KAMARANG MELALUI MODEL PROJECT BASED LERNING DI KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18281Keywords:
: Student creativity, Project Based Learning, Independent curriculum.Abstract
The Project Based Learning model can improve student learning outcomes, as well as improve students' creative thinking skills and retention, and students' understanding of mathematical concepts. This research is classroom action research (PTK), the research process is in accordance with classroom action research procedures carried out in a cycle process. Each cycle consists of planning, action, observation and reflection. Based on cycle 1 and cycle 2 carried out by researchers.Downloads
References
Aflah, A. N., Ananda, R., Surya, Y. F., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Model Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 57–69. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.276
Amalia Y, D. M. dan A. A. (2015). Penerapan model eliciting activities untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence siswa SMA. Jurnal Didatik Mamtematika.
Anjarwati, A., Qomariyah, R. S., Putri, M. K., Rohman, A. P. E., & Royyana, M. D. (2022). Integrasi pendekatan Steam-Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V SDN Sukabumi 2 Probolinggo. Prosiding Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 1(1), 1031–1038.
E. Mulyasa. (2006). menjadi guru profesional.
Hamzah, M., A. M. (2016). Perencanaan dan strategi Pembelajaran Matematika.
Hamzah B. Uno. (2023). Perencanaan pembelajaran. PT Bumi Aksara.
Hanifah Nur Tama. (2019). Model Project Based Learning dapat meningkatkan Komunikasi Sains , dan Cara Berpikir Kreatif siswa.
Kasih Ayunda Pinita. (2021). Mendikbud Nadiem Dorong Pembelajaran Project Based Lerning, Seperti apa? 22 April.
Kemmis.S dan M.CTanggart. (2022). Konsep Penelitian tindakan. Organisasi Pembelajaran, 9, 125–131. https://doi.org/10.1108/09696470210428840
Kokom, K. (2020). Pembelajaran Kontekstual konsep dan Aplikasi.
Mujib. Maharani, Hevy, Risqi. & Sukestiyarno, Y. L. (2017). Evaluasi Proses Berpikir Kreatif Berdasarkan Model Wallas Bagi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika “Al-Jabar.” Jurnal Pendidikan Matematika, 02(1–11).
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546
Puspitasari, Q. D., & Wibowo, A. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri Plebengan Bambanglipuro. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56393/pelita.v1i1.105
RAJAGUKGUK, S. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sd. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.51878/elementary.v3i1.1945
Rochmania,D. D., & Restina, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/https://doi.org/10.31004basicedu.v6i3.2578
Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru Penggerak dan Transformasi Sekolah dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11(1), 1–12.
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 1879–1887. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40574
SKRIPSI TARA OVIANI. (n.d.).
soviana. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Alat Peraga Matematika Dengan Pemanfaatan Barang Bekas Pakai Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.
Theodoridis, T., & Kraemer, J. (2019). KREATIVITAS DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN.
Widyawati, S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik pada Materi Pokok Eksponen Semester ganjil Kelas X SMA N 1 Seputih Surabaya Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika, 03.
Yowela tarumasely. (2022). Buku Ajar Perencanaan Pembelajaran.
Zainal Akib, A. M. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif & Inovatif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.