HAMBATAN DAN STRATEGI DALAM PENGUASAAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU

Authors

  • Lugina Agung Aulia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erwin Rahayu Saputra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anggit Merliana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17260

Keywords:

Obtacles, Speaking Skill, English, Strategy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis hambatan serta strategi dalam penguasaan keterampilan berbicara bahasa Inggris di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT). Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengalaman, persepsi, dan pandangan guru, serta peserta didik terkait pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan berbicara bahasa Inggris disebabkan oleh kurangnya percaya diri peserta didik, keterbatasan fasilitas pembelajaran, kesulitan dalam pengucapan kosakata dan tata bahasa, serta metode pengajaran yang kurang tepat. Guru menerapkan berbagai strategi seperti membaca nyaring, bermain peran, dan pendekatan komunikatif untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran bahasa Inggris yang efektif dan kontekstual di SDIT serta memberikan masukan bagi pembuat kebijakan pendidikan dalam mengoptimalkan pembelajaran di lingkungan SDIT. Hasilnya menekankan pentingnya interaksi dan fasilitas yang mendukung dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik, serta perlunya pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi mengajar bahasa Inggris. Penelitian ini juga menggarisbawahi peran penting motivasi peserta didik dalam belajar bahasa Inggris dan bagaimana lingkungan yang mendukung dapat mempengaruhi hasil belajar secara positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalilah, W. K., & Sya, M. F. (2022). Problematika Berbicara Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar. In Karimah Tauhid (Vol. 1).

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edi Kurnnato, Ed.). Alfabeta.

John Creswell. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (Edisi Kelima). Pustaka Pelajar Offset.

Meutia, C. I., Wiandari, F., & Husaini, A. H. (2020). Problematika Non-Linguistik Peserta didik Dalam Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Pena Edukasi, 7(2), 81–89.

Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 20–27.

Mufidah, N. (2017). Strategi belajar berbicara bahasa inggris.

Naiborhu, R. (2019). UPAYA Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Bermain Peran. 3(1), 7–12.

Nurhaliza, S., Nusyahida, S. F., & Ridwan, S. C. (2024). Tantangan Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas: Fasilitas dan Kompetensi. Karimah Tauhid, 3(3), 3583–3592.

Nurhuda, Z., Fatinova, D., Wildan, M., Indonesia, S., Sastra, F., & Selatan, T. (2020). Metode Pengajaran Komunikatif Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Bagi Peserta didik Usia Dini. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(1).

Putri, A., & Sya, M. F. (2023). Tantangan Berbicara Bahasa Inggris Pada Peserta didik Sekolah Dasar. In Karimah Tauhid (Vol. 2, Issue 2).

Rohmah, S. N. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Dalam Ilmu Pengetahuan di Era Globalisasi Oleh.

Roinah, R. (2019). Problematika Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Stain Bengkalis. Quality, 7(1).

Sari, L., & Lestari, Z. (2019). Meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris peserta didik dalam menghadapi era revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Syahputra, I. (2014). Strategi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik. Kutubkhanah, 17(1), 127–145.

Wiramarta, K. (2021). Tantangan Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Aspek Berbicara Pada Sekolah Pariwisata Dalam Masa Pandemi. Cultoure: Jurnal Ilmiah Pariwisata Budaya Hindu, 2(1), 1–11.

Downloads

Published

2024-09-30