PENGEMBANGAN ALAT PEMBELAJARAN KARTU KUARTET PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22336Keywords:
Learning Media, Cultural diversity quartet cards, Learner responseAbstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah adanya permasalahan yang muncul di dalam kelas. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa media pembelajaran sangat terbatas dalam pembelajaran IPS khususnya pada materi keragaman budaya di Indonesia sehingga peserta didik kurang antusias selama pelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan alat pembelajaran berbasis kartu kuartet pada materi keragaman budaya Indonesia di kelas IV, 2) Dapat mengetahui kelayakan produk media kartu kuartet pada materi keragaman budaya Indonesia di kelas IV, 3) Dapat mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan alat pembelajaran kartu kuartet pada materi keragaman budaya Indonesia di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) tipe 4D dengan 4 tahap penelitian yang dikembangkan oleh S.Thiagarajan, dkk yaitu 1) Define, 2) Desain, 3) Develop, 4) Disseminate. Hasil penelitian pengembangan alat pembelajaran kartu kuartet dengan hasil validasi media sebesar 71,42% dengan kategori “Layak”, validasi materi sebesar 73,33% dengan kategori “Layak”, validasi pedagogik sebesar 95,55% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil respon peserta didik terhadap penggunaan kartu kuartet didapatkan skor sebesar 89,73% dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil validasi dan respon peserta didik, disimpulkan alat pembelajaran kartu kuartet layak digunakan dalam proses pembelajaran IPS materi keragaman budaya Indonesia di kelas IV SD dan mendapatkan respon positif dari peserta didik kelas IV.Downloads
References
Ayatillah, A. M., Budiyanto, M., & Qosyim, A. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(2), 738–744. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1263
Azizah, A. A. M. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DI SD/MI DALAM KURIKULUM 201. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 1. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.266
Defingatun, Sutaryono, & Widagdo, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET BERBASIS TAI PADA MUATAN IPS.
Fadillah, A., Nurzakiyah, K., Kanya, N., Hidayat, S., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 01–17.
Halisah, N., Maksum, A., & Wardhani, A. (2021). Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Muatan IPS SD. In Jurnal Riset Pendidikan Dasar (Vol. 04, Issue 2).
Ismail, I., Taufiq, A. U., & Hasanah, U. (2020). Pengembangan Kartu Kuartet Sebagai Media Pembelajaran Biologi (Vol. 2, Issue 2). Online.
Karo-Karo, I., & Rohani. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN.
Karsono, Sujana, Y., Daryanto, J., & Yustinus, N. (2014). PENGGUNAAN KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEBERAGAMAN SENI TRADISI NUSANTARA PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Vol. 1). http://jurnal.upi.edu/mimbar-sekolah-dasar/~43~
Kaulan, M., & Ramadhani, K. D. (2018). PERMASALAHAN PEMBELAJARAN IPS DAN STRATEGI JITU PEMECAHANNYA.
Mariani, M. Y. S., & Setiawati, E. (2022). Pengembangan Media Kartu Kuartet ASEAN pada Muatan Pembelajaran IPS. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 90–97. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.348
Maya Sulastri, H., & Taufik Saleh, Y. (2020). Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. In Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (Vol. 4, Issue 3).
Prasetyaningtyas, S. (2020). PENERAPAN METODE PERMAINAN KARTU KWARTET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP N 1 SEMIN. In JURNAL IDEGURU (Vol. 5, Issue 1).
Rohmah, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Cendekia, 09, No.2, 193–210.
Samsiyah, S., Hermansyah, & Kuswidyanarko, A. (2021). EFEKTIVITAS KARTU KUARTET TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV.
Samsu. (2021). Metode Penelitian Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development (Rusmini, Ed.). Penerbit Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Setiyorini, I., & Abdullah, M. H. (2013). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed.). Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian dan Pengembangan. Penerbit Alfabeta.
Susilowati, A., & Sutama. (2022). Kesulitan belajar IPS pada siswa sekolah dasar: Studi pada SD Muhammadiyah Kota Bangun, Kutai Kartanegara oleh Arum Susilowati. 9(1), 31–43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v9i1.129705
Wicaksono, A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan - Google Books. Penerbit Garudhawaca. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Pendidikan/23SrEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=METODE+R%26D&pg=PA264&printsec=frontcover
Yulia Siska. (2016). Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Penerbit Garudhawaca.
Zulfikar, & Azizah, L. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kuartet dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI MA Negeri 1 Makassar 156 |Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Volume (Vol. 1, Issue 2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.