HUMAN TENDENCIES PADA ANAK USIA 0-6 TAHUN DENGAN METODE MONTESSORI: STUDI LITERATUR

Authors

  • Nahiyah Faraz Universitas Sanata Dharma
  • Brigitta Tyas Listyaningsih Universitas Sanata Dharma
  • Andri Anugrahana Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15530

Keywords:

child development, golden age, montessori, human tendencies, role of adults, perkembangan anak, anak usia 0-6 tahun

Abstract

Pada anak usia 0-6 tahun akan muncul beberapa sifat maupun perilaku yang sangat menojol dan umumnya bisa dilihat atau dirasakan oleh orang tua, tahap ini juga disebut sebagai usia emas (golden age) dalam perkembangan seorang anak. Guna memenuhi kebutuhan anak dalam masa golden age dibutuhkan pengetahuan mengenai perkembangan anak usia 0-6 tahun, apa saja human tendencies dan bagaimana peran orang tua serta guru dalam menuntun perkembangan anak pada masa golden age. Ketika dilakukan penelitian ditemukan pembahasan mengenai Dr. Maria Montessori yang menjelaskan tentang kecenderungan manusia dari segala rentang umur terutama pada masa golden age atau usia 0-6 tahun. Dr. Maria Montessori juga menjelaskan tentang peran orang dewasa pada perkembangan anak tersebut. Penelitian ini merupakan studi pustaka (studi literatur) yang bertujuan untuk mendeskripsikan mengapa anak-anak dalam rentang usia 0-6 tahun menunjukkan sikap dan kebiasaan atau kecenderungan serta peran guru dan pandangan montessori terhadap kecenderungan yang ditunjukkan oleh anak usia 0-6 tahun. Penjelasan mengenai topik ini akan membantu guru, calon guru, orang tua, dan calon orang tua, mengenal dan mengetahui perkembangan anak usia 0-6 tahun dan peran mereka dalam perkembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidil Saputra. (2021). Pendidikan Anak pada Usia Dini.

Autralia Motessori. (2021). Montessori National Curriculum.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan.

Indrawati. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini pada Masa Golden Age.

Katie Denzin. (2021). Montessori National Curriculum.

Khairi, H. (2018). Husnuzziadatul Khairi Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. 2(2).

Khotimah, K., Wahyuningsih, R., & Surakarta, I. (2020). Hubungan antara Tingkat Kesibukan Orang Tua dan Kecenderungan Memilih Teman Sebaya dalam Pengembangan Akhlak Siswa Madrasah Ibidaiyah. Cendekia, 14(2), 166–182. https://doi.org/10.30957/Cendekia.v14i2.640

Kristi, Ellen. (2020). Mengenal Metode Montessori. Perkumpulan Homeschooler Indonesia (PHI).

Masdudi. (2017). Karakteristik Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini. 1–26.

Murni. (2017). Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Psikososial Pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun. 3, 1–15.

Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022a). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986

Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022b). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912.

Downloads

Published

2024-06-30