PENERAPAN TEORI BEHAVIORISME DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR SWASTA KOTA DURI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15520Keywords:
Drill and practice, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Teori behaviorismeAbstract
Teori belajar Behaviorisme adalah teori yang meyakini bahwa output utama dari sebuah proses belajar adalah adanya perubahan tingkah laku yang dapat diamati dan dinilai secara konkret. Dalam teori Behaviorisme menurut B.F. Skinner perubahan perilaku dapat terjadi karena adanya interaksi yang terjadi antara stimulus dan respon. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami bagaimana penerapan teori belajar behaviorisme dengan metode Drill and Practice menggunakan prinsip reinforcement, rewards, dan punishment. Metode Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di SDS Cendana Duri yang beralamat di Komplek PT. Pertamina Hulu Rokan Duri, Pematang Pudu, Kec. Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. Pengambilan data melalui wawancara dengan 1 orang guru PAI, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan perumusan kesimpulan. Hasil penelitian dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam memiliki dampak menghasilkan perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik dengan melakukan metode drill and practice (latihan dan praktek), memberikan reinforcement atau penguatan, memberikan reward atau penghargaan dan punishment jika diperlukan sehingga hal-hal seperti itu diharapkan dapat merubah perilaku peserta didik. Kata kunci: Drill and Practice, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Teori BehaviorismeDownloads
References
Abidin, A. Mustika. “Penerapan Teori Belajar Behaviorisme Dalam Pembelajaran (Studi Pada Anak).” An Nisa’ 15, no. 1 (2022): 1–8.
Ainiy, Nurul, Siti Maisaroh, and Muhammad Salim Akbar. “Teori Behavioris-Struktualis Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Lisanuna: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya 12, no. 1 (2022): 41–56.
Anam S, Mohammad, and Wasis D Dwiyogo. “Teori Belajar Behavioristik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Universitas Negeri Malang (2019): 2.
Anfasyah, Said, Andi Warisno, and Suci Hartati. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2021 / 2022” 01, no. 04 (2022): 28–35.
Aprizal, Redo. “Penerapan Teori Behavioristik Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa SD Negeri 126 Seluma Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu.” Guau: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 6 (2022): 267–276.
Damayanti, Eka, Arifuddin Siraj, Rosmini Rosmini, and Ramli Ramli. “Behavioristik Dalam Pembelajaran: Tinjauan Pendidikan Islam.” Al asma : Journal of Islamic Education 3, no. 1 (2021): 121.
Haibar, Rizky Allivia Larasati, Yuzarion Yuzarion, and Junaidi Junaidi. “Implikasi Teori Behavioristik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah.” Empathy: Jurnal Fakultas Psikologi 4, no. 1 (2021): 45.
Kemdikbud. “Multimedia Pembelajaran.” Https://Lmsspada.Kemdikbud.Go.Id/.
Khairani, Yenny, Kama Abdul Hakam, and Ganjar Muhammad Ganeswara. “Analisis Teori Belajar Behaviouristik Sebagai Upaya Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Pada Abad 21.” JISPE: Journal of Islamic Primary Education 2, no. 2 (2022): 89–94.
Maghfhirah, Siti, and Maemonah. “Pemikiran Behaviorisme Dalam Pendidikan (Study Pendidikan Anak Usia Dini).” Jurnal Pendidikan Anak VI, no. 2 (2019): 89–110.
Murtini, N K. “Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kreatifitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Journal of Classroom Action Research 4, no. 1 (2022): 1–5. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/1375.
Nauli, Pardomuan, Josip Mario, Desy Liliani Husain, Fitria Meisarah, Hironimus Bao Wolo, Nurul Hikmah, Gusti Ayu, et al. “Teori Belajar Dan Aliran-Aliran Pendidikan.” Banten: Sada Kurnia Pustaka, 2022.
Nuralim, Maemunah Sa’diyah, Santi Lisnawati, and Abas Mansur Tamam. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran Shalat.” Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 7, no. 1 (2016): 1–23.
Nurlianti, Shanty, Sri Yamtinah, and Endang Susilowati. “Penerapan Model Pembelajaran Drill and Practice Dikombinasikan Dengan Diskusi Kelompok Dilengkapi Dengan Media LKS Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 1.” Jurnal Pendidikan Kimia 8, no. 1 (2019): 36.
Oktariska, Bariyah, Anselmus J E Toenlioe, and Clark Hull. “Studi Kasus Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Siswa Di SMKN 6 Malang.” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1, no. 2 (2018): 159–168. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3411.
Pratama, Yoga Anjas. “Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4, no. 1 (2019): 38–49.
Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Safaruddin. “Teori Belajar Behavioristik.” AL-QALAM: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 8, no. 2 (2016): 119–135.
Setiawan, Akhmad Pandu. “Aplikasi Teori Behavioristik Dan Konstruktifistik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Wijaya Mojokerto.” Ta’dibia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 6, no. 2 (2017): 33.
Shahbana, Elvia Baby, Fiqh Kautsar farizqi, and Rachmat Satria. “Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9, no. 1 (2020): 24–33.
Soebagio, Rita Hendrawaty. “Analisis Terhadap Teori Pembelajaran Behaviorisme Pada Program Pendidikan Seksualitas Komprehensif (CSE) Dalam Pandangan Islam.” Annual Conference on Islamic Education and Thought 1, no. 1 (2020): 26–47.
Sokip, Sokip. “Kontribusi Teori Behavioristik Dalam Pembelajaran.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2019): 175–190.
Subri. “Teori Belajar Perspektif Pendidikan Islam.” Qathruna 1, no. 1 (2014): 145–178.
Talang Dewayanti, Sujaelanto, and Dewi Ayu Wisnu Wardani. “Metode Pembelajaran Drill and Practice Pada Pendidikan Agama Hindu Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Klaten.” Jawa Dwipa 3, no. 2 (2022): 106–116.
Tambak, Syahraini. “Metode Drill Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal AL-Hikmah 13, no. 2 (2016).
Trisdiana, Heny Ika, and Widya Nusantara. “Implementasi Metode Drill and Practice Dalam Meningkatkan Hafalan Doa Dan Surat-Surat Pendek Di TPQ Ar-Rohman.” J+Plus UNESA 10, no. 2 (2021): 179–192.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.