KETELADANAN MUSHRIF DALAM PEMBINAAN KARAKTER ISLAMI DI BOARDING SCHOOL SMPIT DI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10686Keywords:
Keteladanan, Mushrif, Karakter IslamiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keteladanan guru dalam pembinaan karakter islami di Boarding School SMPIT Yogyakarta. Jenis penelitian yakni pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan Koordinasi Mushrif, Observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan yang ditampilkan mushrif mempunyai peranan penting yang sangat efektif dalam pembinaan karakter Islam siswa Boarding School SMPIT LHI. Proses pengupayaan mushrif dalam mengimplementasi nilai-nilai karakter islam adalah dengan memberikan teladan secara langsung, pembiasaan secara konsistem, memberi motivasi, dan refleksi. Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa metode keteladaan merupakan metode yang efektif dalam membina karakter islami pada siswa boarding school, karena nilai-nilai karakter bisa terinternalisasikan dalam diri siswa secara langsung.Downloads
References
Al-Ghazali, Imam Abu Hamid. (1995). Bidayatul Hidayah. Kedah: Pustaka Darussaalam.
Abidin Ibnu Rusn,. 2009. Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djaelani, A. R .(2013). “Teknik Pengumpulan DatadalamPenelitian Kualitatif”. Majalah Ilmiah Pawiyatan, Vol. XX, No: 1, Maret, 82-92.
Heri Gunawan. (2014). Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh (Cet. Pertama; Bandung: Remaja Rosdakarya.
--, N. (2010). Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 233–244. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.515
Karso. (2019). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019, 384.
Lift Anis Ma’sumah. (2001). ”Pembinaan Kesadaran Beragama Pada Anak (Telaah PP.No. 27/1990 dalam Kontek Metode Pendidikan Islam)”, dalam Ismail SM (eds.), Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahirah. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 257–267. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269
Munir, Abdullah. (2006). Spritual Teaching. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Muazimah, A., & Wahyuni, I. W. (2022). Keteladanan Guru Dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini Di Paud IT Bunayya Pekanbaru. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 33–42. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/10642
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985
Olfah STAI Darul Ulum Kandangan, H., & Selatan, K. (2023). Guru Dalam Konsep Imam Al-Ghazali. Adiba: Journal of Education, 3(2), 223–232.
Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. 4(1), 19–32.
Ratu Ile. (2016). Sumber Kecerdasan Manusia Cet.I; Jakarta: Grasindo.
Ramayulis. (2015) Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Ridwan Abdullah Sani dan Muhammad Kadri. (2016). Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara], 218-219
Setyarum, A., Aulia, H. R., Nurmalisa, D., & Dewi, D. P. (2022). Pelatihan Metode Role Playing dalam Pengembangan Karakter Sopan Santun pada Anak Usia Dini bagi Guru PAUD POS Melati Kuripan Lor. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 863–870. https://doi.org/10.54082/jamsi.340
Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236
Suwito. (2003). sejarah pemikiran para tokoh pendidikan, cet. I, Bandung: Angkasa Bandung.
Viona, V., Aryaningrum, K., & Ayurachmawati, P. (2022). Peran Orang tua dalam Penanaman Karakter Tanggung Jawab Belajar pada Siswa SDN 36 Rantau Bayur. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 356–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2591
Yunianto, T., Suyadi, S., & Suherman, S. (2020). Pembelajaran abad 21: Pengaruhnya terhadap pembentukan karakter akhlak melalui pembelajaran STAD dan PBL dalam kurikulum 2013. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6339
Zainuddin. (1991). Seluk-Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.