KETELADANAN MUSHRIF DALAM PEMBINAAN KARAKTER ISLAMI DI BOARDING SCHOOL SMPIT DI YOGYAKARTA

Authors

  • Mohammad Khoirul Abidin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Andi Prastowo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10686

Keywords:

Keteladanan, Mushrif, Karakter Islami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keteladanan guru dalam pembinaan karakter islami di Boarding School SMPIT Yogyakarta. Jenis penelitian yakni pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan Koordinasi Mushrif, Observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan yang ditampilkan mushrif mempunyai peranan penting yang sangat efektif dalam pembinaan karakter Islam siswa Boarding School SMPIT LHI. Proses pengupayaan mushrif dalam mengimplementasi nilai-nilai karakter islam adalah dengan memberikan teladan secara langsung, pembiasaan  secara konsistem, memberi motivasi, dan refleksi. Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa metode keteladaan merupakan metode yang efektif dalam membina karakter islami pada siswa boarding school, karena nilai-nilai karakter bisa terinternalisasikan dalam diri siswa secara langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghazali, Imam Abu Hamid. (1995). Bidayatul Hidayah. Kedah: Pustaka Darussaalam.

Abidin Ibnu Rusn,. 2009. Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djaelani, A. R .(2013). “Teknik Pengumpulan DatadalamPenelitian Kualitatif”. Majalah Ilmiah Pawiyatan, Vol. XX, No: 1, Maret, 82-92.

Heri Gunawan. (2014). Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh (Cet. Pertama; Bandung: Remaja Rosdakarya.

--, N. (2010). Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 233–244. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.515

Karso. (2019). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019, 384.

Lift Anis Ma’sumah. (2001). ”Pembinaan Kesadaran Beragama Pada Anak (Telaah PP.No. 27/1990 dalam Kontek Metode Pendidikan Islam)”, dalam Ismail SM (eds.), Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahirah. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 257–267. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269

Munir, Abdullah. (2006). Spritual Teaching. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Muazimah, A., & Wahyuni, I. W. (2022). Keteladanan Guru Dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini Di Paud IT Bunayya Pekanbaru. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 33–42. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/10642

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985

Olfah STAI Darul Ulum Kandangan, H., & Selatan, K. (2023). Guru Dalam Konsep Imam Al-Ghazali. Adiba: Journal of Education, 3(2), 223–232.

Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. 4(1), 19–32.

Ratu Ile. (2016). Sumber Kecerdasan Manusia Cet.I; Jakarta: Grasindo.

Ramayulis. (2015) Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ridwan Abdullah Sani dan Muhammad Kadri. (2016). Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara], 218-219

Setyarum, A., Aulia, H. R., Nurmalisa, D., & Dewi, D. P. (2022). Pelatihan Metode Role Playing dalam Pengembangan Karakter Sopan Santun pada Anak Usia Dini bagi Guru PAUD POS Melati Kuripan Lor. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 863–870. https://doi.org/10.54082/jamsi.340

Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236

Suwito. (2003). sejarah pemikiran para tokoh pendidikan, cet. I, Bandung: Angkasa Bandung.

Viona, V., Aryaningrum, K., & Ayurachmawati, P. (2022). Peran Orang tua dalam Penanaman Karakter Tanggung Jawab Belajar pada Siswa SDN 36 Rantau Bayur. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 356–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2591

Yunianto, T., Suyadi, S., & Suherman, S. (2020). Pembelajaran abad 21: Pengaruhnya terhadap pembentukan karakter akhlak melalui pembelajaran STAD dan PBL dalam kurikulum 2013. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6339

Zainuddin. (1991). Seluk-Beluk Pendidikan dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-04