ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAYAH YOGYAKARTA

Authors

  • Rahmah Rahmah Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Hutri Rohmania Hamida PGMI FITK Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nabila Joti Larasati PGMI FITK Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Alfiatu Rohmaniyah PGMI FITK Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Andi Prastowo PGMI FITK Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11617

Abstract

Pembelajaran berbasis MBKM merupakan salah satu pembaharuan dalam dunia pendidikan, termasuk di Madrasah Ibtidaiyah. Salah satu standar penilaian dalam pembelajaran berbasis MBKM adalah menggunakan pemecahan kasus dan proyek tim. Kriteria evaluasinya adalah 50% dari bobot nilai akhir harus berdasarkan kualitas partisipasi kerja kelompok dan/atau presentasi akhir proyek tim. Namun, informasi tentang cara melaksanakan penilaian proyek kelompok masih sulit ditemukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan refleksi penilaian pembelajaran menggunakan project-based learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi kelas dan wawancara dengan guru. Siswa dibagi menjadi kelompok untuk mengerjakan proyek yang telah ditentukan oleh guru. Penilaian proyek oleh guru meliputi kerjasama, kerukunan, inovasi, kreativitas, dan tanggung jawab siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses evaluasi pembelajaran dengan metode project-based learning menggunakan pengamatan dari guru dan juga evaluasi secara tertulis sudah jelas dan baik. Evaluasi pembelajaran dengan metode project-based learning di Madrasah Ibtidaiyah Yogyakarta sudah memenuhi standar penilaian yang ditentukan di MBKM serta standar yang ditentukan oleh sekolah. Pembelajaran berbasis MBKM dengan menggunakan project-based learning merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan abad 21. Evaluasi pembelajaran dengan metode ini juga sudah berjalan dengan baik di Madrasah Ibtidaiyah Yogyakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

MEDIA PODCAST BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL).” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 11 (1): 108–17.

Pramesti, Dhira Andari Handewi, Ahmad Ipmawan Kharisma, dan Rizka Novi Irmaningrum. t.t. “IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS PROYEK.”

Raharjo, Raharjo. 2020. “Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020.” PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan 15 (1): 63. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901.

Susanto, Aris. 2017. “JURNAL EVALUASI EFEKTIFITAS PENGAJARAN EKONOMI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANTUL.”

Suttrisno, Suttrisno, Nurul Mahruzah Yulia, dan Dewi Niswatul Fithriyah. 2022. “Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar.” ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal 3 (1): 52–60. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409.

Trimawati, Karina, Tjandra Kirana, dan Raharjo Raharjo. 2020a. “PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN IPA TERPADU DALAM PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMP.” Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains 11 (1): 36. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7606.

———. 2020b. “PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN IPA TERPADU DALAM PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMP.” Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains 11 (1): 36. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7606.

Wardhan, A I, dan Sandra B Kurniawan. t.t. “dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Kurikulum Merdeka Materi Membangun Masyarakat yang Beradab.”

Zakiyah, Nur, dan Muh Wasith Achadi. t.t. “ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH PILOTING MIN 2 BANTUL YOGYAKARTA.”

Downloads

Published

2024-01-01