PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU GAME TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS IV SD

Authors

  • Abdurrahman Sudesi STKIP PGRI Bangkalan
  • Muhammad Ahsin Maulana
  • Ihwan Firmansyah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.15466

Abstract

ABSTRACT The low science learning outcomes of fourth-grade students and the lack of use of learning media were noted. This study aims to determine the effect of using game cards on science learning outcomes for fourth-grade students at SDN Burneh 1. This research used a quantitative approach with a pre-experimental method and a one-group pretest-posttest design. The research sample consisted of 10 fourth-grade students selected through purposive sampling. Data collection instruments included multiple-choice tests. The data obtained were analyzed using validity tests, reliability tests, and t-tests to assess the significant differences in students' learning outcomes. The results showed that the use of game cards significantly improved students' science learning outcomes. The average pretest score was 2.62, while the average posttest score was 9.05. Based on these findings, it can be concluded that the use of game card media has a positive effect on science learning for students. Keywords: Effect, Game Cards, Learning Outcomes ABSTRAK Rendahnya hasil belajar IPA siswa di kelas IV dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu game terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Burneh 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest desain. Sampel penelitian terdiri dari 10 siswa kela IVB kelas yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas, uji reabilitas, dan uji-t untuk melihat perbedaan signifikan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu game secara signifikan meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Rata-rata nilai posttest dan posttest dimana pada hasil pretest hasil belajar siswa yaitu 2,62  dan posttest hasil belajar siswa yaitu 9,05. Berdasarkan temuan ini, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu game memiliki pengaruh terhadap pembelajaran IPA pada siswa.    Kata Kunci: Kartu Game, Media Pembelajaran, Hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Noviyanti, Budi Yohana., Santosa, Joko., Widodo, J. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 6. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907

Permendikbud Nomor 03 tahun 2019. (2019). Permendikbud Nomor 03 tahun 2019. Pendidikan, 53(9), 1–116.

Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match Pada Kelas 4 Sd. Satya Widya, 35(2), 168–175. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p168-175

Sihombing, C. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 289–294. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1644

Suryam Dora, D. (2017). No Titleافراد سالم. Studies On Variation In Milk Production And It’s Constituents During Different Season, Stage Of Lactation And Parity In Gir Cows M.V.Sc D Suryam Dora Livestock, 6–18.

Zuleni, E., & Marfilinda, R. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 244–250. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.34

Downloads

Published

2024-08-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>