PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15250Keywords:
Learning Environment, Interesting Learning, Learning AchievementAbstract
The aim of this research is to determine the influence of the learning environment and interest on learning achievement. This research was conducted at UPTD SDN Pejagan 1 Bangkalan.This research method uses quantitative methods. The population in this study was 28 people with a sample of 28 people. The data analysis used in this research was using SPSS 25. The results of this research show that (1) partially the learning environment variables have a significant effect on the learning achievement variables of class IV UPTD students at SDN Pejagan 1 Bangkalan. As shown the results of the t test calculation are tcount of -4.363 and a significant value of 0.000 at a significance level of 0.05. (2) Partially, learning environment variables have a significant effect on learning achievement variables for class IV UPTD students at SDNPejagan 1Bangkalan. As shown, the results of the t test calculation are tcount of 5.521 and a significant value of 0.000 at a significance level of 0.05. (3) Together the independent variables have a positive and significant effect on the dependent variable. This is shown by the calculation results of Fcount 17.752 > 3.39 with a significant value of 0.000 < 0.05.Downloads
References
Ali, S. M. (2019). Hubungan antara Gaya Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran PAIdiSMAN 9 Manado. Attaqwa: Jurnal Ilmu PendidikanIslam,15(1),45-63.
Arifin, Z. (2013). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Di Kelas Iv Mi Ghidaul Athfal Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2012/2013 (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV MI Ghidaul Athfal Kota Sukabumi).
Ataupah, E., & Halidjah, S. (2012). Efektifitas Penggunaan Media RealistisGambar untuk Meningkatkan Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Toho. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(7).
Azra, F. I., & Jamil, H. (2015). Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri1 Solok selatan. Economica: Journal of Economic and Economic Education, 2(2), 85-98.
Budi Wibowo,A.K., & Nurhalim, K. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Warga Belajar Kejar Paket C Pada Kelas Xi (Studi PadaSanggarKegiatanBelajar (Skb) Comal Kabupaten Pemalang). Journal of Nonformal Education, 2(2).
Budiwibowo, S. (2016). Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar IPS Di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah: JurnalStudiSosial,1(1),60-68.
Farida, T. Z. (2014). Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran BerbasisMasalahSiswa Kelas VIID SMP Negeri 1 Alian. Union, 2(2), 356627.
Fatimah, N. A. (2014). Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata PelajaranAqidahAkhlakKelas
VIII di MTs. Al-Fatah Badas Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014. Diss. IAIN Kediri.
Ginanjar, M. H. (2017). Urgensi lingkunganpendidikansebagai mediasipembentukankarakter peserta didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2.04.
Gunawan, Gunardi. (2023). Strategi Guru IPS dalam mengembangkan karakter positif pada siswa Mts Nurul Haq Karang Bejelo Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran2022/2023.Diss.UIN Mataram.
Hakim, T. (2000). Belajar secara efektif. Jakarta: Niaga Swadaya.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.
Indra, I. (2017). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh. Diss. UIN Ar- Raniry Banda Aceh.
Jati, A. A. (2023). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Lingkungan Belajar Dan SumberBelajarTerhadapHasil Belajar Peserta Didik (Studi Kasus Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Negeri1 Prambon Nganjuk). Diss. IAIN Kediri.
Khasanah,U.(2019).Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata PelajaranEkonomiKelasXiIps Ma Matholi’ul Falah Simo TahunAjaran2018/2019.Diss. IKIP PGRI BOJONEGORO.
Lestari, D.T. (2017). Implementasi Layanan Informasi Untukmeningkatkan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas Ix Di Smp Negeri 11 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Diss. IAIN Raden Intan Lampung.
Magdalena, I. (2020). Evaluasi pembelajaran SD: teori dan praktik. CV Jejak (Jejak Publisher).
Manah, D. N. E., Astuti, N., & Ambarita,A.(2017).Hubungan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Matematika SD. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(7).
Muyasaroh, M. (2020). Hubungan Antara Kepemimpinan Situasional Guru Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Unggulan Dalam Mata Pelajaran PAI Di MTsN2NganjukTahunAjaran 2019/2020. Diss. IAIN Kediri.
NAILASSA’ADAH. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Terahadap Pengalaman Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Nu Nurul Huda Jetak Kedung dowokaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016.Diss.STAIN Kudus.
Parbawa,I.G.N.M.A.(2018). Pengaruh model pembelajaran visual auditory kinestetik dan motivasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus Srikandi Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016/2017." Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 69-74.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.