EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TOPIK KECEPATAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ARTICULATE STORYLINE

Authors

  • Muhammad Saefudin Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Raharjo Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Harianingsih Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Sudarmin Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15457

Keywords:

articulate storyline, keterampilan berpikir kritis, penalaran matematis, Pembelajaran matematika

Abstract

Di era globalisasi, kemampuan berpikir kritis dan penalaran matematis menjadi kunci bagi peserta didik untuk menghadapi berbagai rintangan di era digital dan menyelesaikan masalah sehari-hari. Kemampuan ini seharusnya ditanamkan melalui pembelajaran di sekolah. Namun, kenyataannya, banyak peserta didik yang belum menguasainya karena proses belajar yang konvensional dan minimnya bahan ajar yang melatih kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran matematis dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur terhadap artikel-artikel jurnal terkait media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dan kemampuan berpikir kritis dan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran matematis peserta didik sekolah dasar dalam mata pelajaran matematika.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, A., Dewi, I., Sihombing, W. L., & Ramadhani, D. (2024). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline 3 to Improve Student ‘ sUnderstanding of Mathematical Concepts. https://doi.org/10.4108/eai.24-10-2023.2342258

Agus, P. dan R. Wijayanti. 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi, dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan, Jurnal of Economic, Management, Accounting and Technology, Vol.1, No.1. 14-21.

Arda, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Mitra Sains, 3(1)

Biassari, I., & Putri, K. E. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. Seminar Pendidikan, 4(1), 62–74.

Herman, I. R., & Ahmad, S. (n.d.). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 Pada Materi Penyajian Data Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 4(1).

Husna, A., Fajar, D. M., Science, N., Study, E., & Java, E. (2022). Development of Interactive Learning Media Based on Articulate Storyline 3 on Newton ’ s Law Material with a Contextual Approach at the Junior High School Level. 4(1), 17–26.

Juliyantika, T., & Batubara, H. H. (2022). Tren Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis pada Jurnal Pendidikan Dasar di Indonesia Tiwi Juliyantika 1  , Hamdan Husein Batubara 2. 6(3), 4731–4744.

Mariyam Shareefa, & V. M. (2020). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 9(1), 331–349.

Midya Yuli Amreta, Firda Zakiyatur Rofi’ah, & Alfina Luk Luul Markhamah. (2023). Pengembangan Media Papan Hitung Pada Mata Pelajaran Matematika Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 199–209. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.990

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Oktober, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Kelas VIII-2 MTs Nurul Islam Indonesia Medan Nilam Sari Simarmata Nurhasanah Siregar Berdasarkan hasil wawancara dengan Guru Matematika . 2(2).

Pembelajaran, P. M., Interaktif, M., Articulate, B., Untuk, S., Kemampuan, M., Kritis, B., Studi, P., Matematika, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., Islam, U., & Agung, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbantuan articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Abdul Wahid, Elya Kusuma, Sarip. (2020). Upaya Hukum Penyelesaian Sengketa Jual Beli Tanah Secara Di Bawah Tangan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Cirebon Fakultas Hukum. Diakses dari https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/mahkamah/article/view/6005

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91-96.

Shalikhah, R. (2018). Pengaruh Insentif dan Komitmen Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Nasmoco Bahana Motor Yogyakarta. Skripsi Dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rezeki, Sri & Ishafit Ishafit. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk SMA Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 3, No. 1.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet. Ghozali ,l., & Laten. H (2015).

Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353

Brown, Jessica. 2018. Apa Saja Bukti Pengaruh Media Sosial Kehidupan Anda. https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-42679432. Diakses 2 Februari 2020.

R.S Siregar et al. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan (A. K. Watrianthos Ronal (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Setyaningsih, et.al.2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Universitas Negeri Surabaya: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 20 (2). (http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772.)

Sofnidar, S., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash Dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 257–275. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6761

Rafmana, H., & Chotimah, U. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 05(1), 52–65. 110 (https://ejournal.unsri.ac.id/indeks.php/jbti/ article/download/7898/pdf)

Tafonao Talizaro, (2018).“PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018

Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849.

Downloads

Published

2024-06-30

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2