PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN SISWA DALAM ANBK DI SD IMPRES TIOM

Authors

  • Manggaranti Universitas Negeri Semarang
  • Wasino Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30708

Keywords:

Penilaian Pembelajaran, Asesmen Nasional Berbasis Komputer, Kemajuan Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan orang tua terhadap keberhasilan siswa dalam Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SD Inpres Tiom. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 51 orang tua dan siswa sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dengan skala Likert empat poin, wawancara, dokumentasi, dan hasil tes ANBK. Instrumen penelitian meliputi angket dukungan orang tua, kesiapan guru, kesiapan siswa, dan pencapaian siswa dalam ANBK. Analisis data menggunakan uji validitas dengan korelasi Pearson, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis melalui uji F, uji T, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua memiliki pengaruh paling signifikan terhadap keberhasilan siswa dalam ANBK dengan koefisien regresi sebesar 1,583, nilai signifikansi 0,000, dan nilai standardized beta sebesar 0,944. Penelitian mengungkapkan bahwa dukungan orang tua mencakup aspek emosional, teknis, finansial, dan logistik yang secara langsung mendukung kesiapan anak dalam mengikuti asesmen nasional. Temuan menunjukkan dukungan orang tua berkategori "cukup baik" (mean=65,8), sedangkan keberhasilan siswa dalam ANBK berkategori "sedang" (mean=63,1). Penelitian ini memperkuat teori Epstein tentang keterlibatan keluarga dalam pendidikan anak dan memberikan bukti empiris dalam konteks sekolah di wilayah 3T. Implikasi praktis menekankan pentingnya membangun komunikasi dan sinergi yang kuat antara sekolah dan orang tua melalui kelas orang tua, sosialisasi ANBK, serta program pelatihan singkat untuk mendampingi anak belajar digital di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, K. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Astawa, I. T. (2017). Memahami Peran Masyarakat dan Pemerintah Dalam Kemajuan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 197-205.

Fadilah, D., & Hayati, N. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Di Sekolah Penggerak Sdn 3 Pringgasela Selatan. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 252-264.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education. San Fancisco: The Mcgraw Hill Companies.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Grup.

Humaryanto. (2020). Buku Panduan Penulisan Skripsi Studi Literatur. Jambi: Universitas Jambi.

Husaini. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Mikrotik.

Manguni, D. W. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 di SD Negeri Suko Mulyo Sleman. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 9-28.

Melfianora. (2020). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. UPT Balai Pelatihan Penyuluh Pertanian, 1-3.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Harfa Creatif.

Nisa, C., Humairan, M. A., & Efendi, I. (2023). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SDN 01 Pasirmuncang. Karmiah Tauhid, 2119-2127.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ghanesti, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 54-62.

Rosnaeni. (4334 - 4339). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Basicedu, 2021.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA , 41-53.

Setiyowati, H., Suryati, E., & Rina. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Madrasah Ibtidayah Negeri 9 Hulu Sungai Utara. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 803-818.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wildan, A. (2022). Implementasi Asemen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). HASBUNA JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 13-22.

Downloads

Published

2025-08-02

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>