IMPLEMENTASI MEDIA AUGMENTED REALITY PADA MATERI TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15069Keywords:
Kemampuan Kognitif, Augmented Reality, Tata SuryaAbstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi dari data hasil belajar IPA siswa sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas VI dengan media pembelajaran Augmented Reality berbasis Assemblr Edu. Subjek penelitian adalah siswa VI A SDN 03 Klegen. Tahapan penelitian menggunakan desain model Kemmis and McTaggart. Pengumpulan data secara observasi dan tes evaluasi. Teknik analisis data secara kualitatif dengan tahap reduksi, menyajikan, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil analisis data menunjukkan nilai hasil belajar siklus I belum tuntas dengan perolehan persentase ketuntasan siswa klasikal 66,67% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan 22,21% menjadi 88,88%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan penerapan media Augmented Reality merupakan suatu upaya meningkatkan kemampuan ranah kognitif siswa.Downloads
References
Erbas, C., & Demirer, V. (2019). The effects of augmented reality on students' academic achievement and motivation in a biology course. Journal of Computer Assisted Learning, 35(3), 450-458.
Fatma, Y., Salim, A., & Hayami, R. (2021). Augmented reality berbasis android sebagai media pembelajaran sistem tata surya. Jurnal Computer Science and Information Technology (CoSciTech), 2(1), 53-59
Gustalia, B. & Setiyawati, E. (2023). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPAS Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Perubahan Wujud Zat di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 1575-1583
Hordiienko, V. Marchuk, G., Vakaliuk, T. &Pikilnyak, A. (2020). Development of a Model of The Solar System in AR and 3D. Workshop Proceeding, Paper presented at the CEUR
Mehmet, C. & Yasemin. (2021). The Effect of Augmented Reality and Mobile Application Supported Instruction Related to Different Variables in 7th Grade Science Lesson 8. Psycho Educational Research Reviews 10(2), 298-313
Nafiati, D. (2021). Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Jurnal Humanika, 21(2), 151-172
Rahmat, A., Kuswanto, H., Wilujeng, I., & Perdana, R. (2023). Implementation of Mobile Augmented Reality on Physics Learning in Junior High School Students. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 132-140
Sakila, R., Lubis, N., Mutiara., & Asriani, D. (2023). Pentingnya Peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Adam, 2(1), 119-123
Sari, I., & Wulandari, R. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif dalam Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(2), 145-152
Sugiarto, A. (2022). Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peredaran Darah. Jurnal Guru Inovatif, 1-13
Susilo, H., Husnul, C., & Yuyun, D.S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia
Tania, E.P., Patmaningrum, A., & Aini, A.Z. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality melalui Aplikasi Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Statistika Kelas X SMK Negeri 1 Gondang. Dharma Pendidikan, 19(1), 151-161
Turan, Z., & Atila, G. (2021). Augmented Reality Technology in Science Education for Students with Specific Learning Difficulties: Its Effect on Students Learning and Views. Journal Reseach in Science & Technological Education, 39(4), 506-524
Wulandari, A.P., Salsabila, A.A., Cahyani, Nurazizah, T., & Ulfiah., Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936
Yilmaz, O. (2021). Augmented Reality in Science Education: An Application in Higher Education. Journal of Education, 9(3), 136-148
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.