PEMANFAATAN LIVE WORKSHEET SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL

Authors

  • Nurul Amaliya Universitas PGRI Madiun
  • Ninik Endrawati SDN 03 Klegen Madiun
  • Yudi Hartono PGSD Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15360

Keywords:

live worksheet, , Hasil belajar, Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada proses pembelajaran guru lebih mendominasi menjelaskan dengan metode konvensional meskipun penggunaan IT sudah berjalan namun belum maksimal karena LKPD yang digunakan masih belum menarik dan berinovasi. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa  kelas VI di SDN 03 Klegen Kota Madiun dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pemanfaatan media interaktif yaitu Live worksheet. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menerapkan model Kemmis dan McTaggart. Model ini melibatkan beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Dalam penelitian ini, data kuantitatif dianalisis menggunakan tes. Penelitian dilakukan pada siswa  kelas VI  SDN 03 Klegen Kota Madiun dengan jumlah siswa  sebanyak 28. Pada pra-siklus presentase ketuntasan siswa  adalah 32,14%. Pada siklus 1 presentase ketuntasan siswa  meningkat menjadi 53,57. Kemudian, pada siklus 2 presentase ketuntasan siswa  meningkat lagi menjadi 85,71%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatmasari, Erma Dwi. (2023). Pemanfaatan Live Worksheet Education Sebagai Media Peningkatan Partisipasi Keaktifan Dan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Melalui PBL. 9(1).1182-1198.

Purnomo., Yulia Maftuhah Hidayati & Siti Samsiyah. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Live worksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 4(3).119-125.

Firtsanianta, Hanny., & Imroatul Khofifah. (2022). Efektivitas E-Lkpd Berbantuan Live worksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . 1(1).140-149.

Atmojo, I. R. W., Matsuri, M., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Pemanfaatan LKPD Interaktif Berbasis Live worksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Siswa Kelas V di SD Negeri Jajar Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 241-249.

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Live worksheets Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.

Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. 4(2), 344-351.

Rohmah, M. (2022). Penggunaan Media Google Classroom Berbantu Live worksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Kemagnetan Siswa Smp. 2(1), 16–26.

Rohmah, M. (2022). Penggunaan Media Google Classroom Berbantu Live worksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Kemagnetan Siswa Smp. 2(1), 16–26.

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. 3(2), 320–329.

Setyawan, dkk. 2019. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament. 3(1).1-262.

Downloads

Published

2024-06-30

Most read articles by the same author(s)