PEMANFAATAN LIVE WORKSHEET SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15360Keywords:
live worksheet, , Hasil belajar, Problem Based Learning.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada proses pembelajaran guru lebih mendominasi menjelaskan dengan metode konvensional meskipun penggunaan IT sudah berjalan namun belum maksimal karena LKPD yang digunakan masih belum menarik dan berinovasi. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VI di SDN 03 Klegen Kota Madiun dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pemanfaatan media interaktif yaitu Live worksheet. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menerapkan model Kemmis dan McTaggart. Model ini melibatkan beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Dalam penelitian ini, data kuantitatif dianalisis menggunakan tes. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VI SDN 03 Klegen Kota Madiun dengan jumlah siswa sebanyak 28. Pada pra-siklus presentase ketuntasan siswa adalah 32,14%. Pada siklus 1 presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 53,57. Kemudian, pada siklus 2 presentase ketuntasan siswa meningkat lagi menjadi 85,71%.Downloads
References
Fatmasari, Erma Dwi. (2023). Pemanfaatan Live Worksheet Education Sebagai Media Peningkatan Partisipasi Keaktifan Dan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Melalui PBL. 9(1).1182-1198.
Purnomo., Yulia Maftuhah Hidayati & Siti Samsiyah. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Live worksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 4(3).119-125.
Firtsanianta, Hanny., & Imroatul Khofifah. (2022). Efektivitas E-Lkpd Berbantuan Live worksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . 1(1).140-149.
Atmojo, I. R. W., Matsuri, M., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Pemanfaatan LKPD Interaktif Berbasis Live worksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Siswa Kelas V di SD Negeri Jajar Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 241-249.
Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Live worksheets Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.
Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. 4(2), 344-351.
Rohmah, M. (2022). Penggunaan Media Google Classroom Berbantu Live worksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Kemagnetan Siswa Smp. 2(1), 16–26.
Rohmah, M. (2022). Penggunaan Media Google Classroom Berbantu Live worksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Kemagnetan Siswa Smp. 2(1), 16–26.
Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. 3(2), 320–329.
Setyawan, dkk. 2019. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament. 3(1).1-262.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.