IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL EVALUASI BELAJAR IPA RANAH KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VI

Authors

  • Nindya Arianulva Saksitasari Universitas PGRI Madiun
  • Ninik Endrawati SDN 03 Klegen Kota Madiun
  • Yudi Hartono PPG Pra Jabatan, Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14838

Keywords:

Hasil belajar kognitif; PBL; diorama

Abstract

Hasil evaluasi belajar IPA yang rendah pada ranah kognitif peserta didik kelas VI A SDN 03 Klegen disebabkan oleh kurang menariknya proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan kurang inovatif dan interaktif. Penelitian ini dilakukan bukan tanpa tujuan. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantu Media Diorama merupakan solusi yang dipilih peneliti untuk masalah pembelajaran ini. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan diantaranya : perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan terhadap peserta didik kelas VI A SDN 03 Klegen memberikan hasil yang signifikan terhadap peningkatan evaluasi belajar IPA  pada ranah kognitif. Terbukti pada tahap pra siklus, terlihat bahwa nilai rata-rata evaluasi belajar IPA ranah kognitif berada pada kategori rendah yaitu 54,85 dengan persentase klasikalnya 29,63%, menunjukkan bahwa terdapat masalah dalam proses pembelajaran yang perlu diselesaikan. Namun, dengan menerapkan model pembelajaran PBL dengan Media Diorama, terlihat peningkatan yang cukup signifikan. Pada siklus 1, terjadi peningkatan yang cukup besar, dengan memperoleh nilai rata-rata 77,78 dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 77,78% berada pada kategori tinggi. Begitu juga pada siklus 2 terjadi peningkatan lebih lanjut, dengan nilai rata-rata 80,92 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,89% berada pada kategori sangat tinggi. Melalui hasil peningkatan evaluasi belajar IPA ranah kognitif dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantu Media Diorama berhasil dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Lif Khoiru. Amri, Sofan. 2014. Pengembangan & Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Ahmad Susanto. 2017. Teori Belajar & Pembelajaran disekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Al-Tabany, Trianto, I.B. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, dan Kontekstial. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Aprilyanto, B. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning The Application Of Problem Based Learning Model Based On Student ’ S Learning Activities mandiri Pendahuluan Matematika memegang peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manu. 1(2), 139–147.

Aqib, Zainal. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Atep, Sujana. 2014. Dasar-dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS.

Diani, R., Saregar, A., & Ifana, A. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 147–155.

Juriah, J., & Zulfiani, Z. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Perubahan Lingkungan Dan Upaya Pelestarian. Edusains, 11(1), 1–11.

Mulyasa, E.2016. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Soegeng, A.Y, dkk. 2013. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi serta Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa Strata Satu Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PRESS

Downloads

Published

2024-06-22

Most read articles by the same author(s)