PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Yenni Eka Septiani Universitas Jember
  • Eka Fitri Nindiatus Sholeha Universitas Jember
  • Dian Ayu Puspitasari Universitas Jember
  • Arintia Prasasti Setyo Ningrum Universitas Jember
  • Villa Febianti Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14427

Keywords:

Pengaruh, Penerapan, Metode, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas

Abstract

Pendidikan modern telah mengidentifikasi metode pembelajaran berbasis proyek sebagai pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Metode ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan pemecahan masalah melalui pengembangan proyek yang relevan dengan dunia nyata. Untuk mengevaluasi pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa di sekolah menengah adalah tujuan dari pembelajaran ini. Melalui survei dan wawancara dengan guru dan siswa, penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas siswa melalui pengembangan keterampilan inovatif dan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi alat yang efektif untuk mengembangkan kreativitas siswa, yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi akademik dan keterampilan hidup mereka. Penelitian ini menyarankan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek harus diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah menengah untuk mendukung pengembangan kreativitas siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, I. N & Djamilah, B. W. (2019). “Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 6 (2) : 233-243.

Ilham, K., E., Suarni, S., Rambe, B. P., Sakti, R. S., Rachman & Kurniadi, P. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan: tinjauan literatur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 6(4) : 2743.

Indah, I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Paedagogy:Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 8(4) : 490-496.

Kristanti, Y. D & Subiki, S. (2017). “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) pada Pembelajaran Fisika.” Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (2) : 122-128.

Mefliza. A., Harjono, H. S & Rustam, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Basicedu. 7(1) : 52-61.

Putri, M. D & Ayu, G. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA.” Journal of Education Technology. 3(2) : 65-72.

Rati, N. W. (2017). “Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa.” JIP (Jurnal Pendidikan Indonesia) 6 (1) : 60-71.

Ratih. A. S., Musthafa, B & Yusuf, F. N. (2021). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan. 21(2) : 1-11.

Rida, G & Sirait, C. (2022). Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas belajar pak siswa. Jurnal Christian Humaniora. 6( 2) : 76 - 86.

Downloads

Published

2024-06-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>