KONSEP SELF REGULATION DALAM AL-QUR’AN

Authors

  • Ilyas Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Abdurrahman Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14377

Keywords:

Konsep, Self-regulation, Al-Quran

Abstract

Self-regulation merupakan konsep psikologis yang melibatkan kemampuan individu untuk mengendalikan pikiran, emosi, dan tindakan mereka dalam  mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam konteks Al-Quran, self-regulation memiliki dimensi yang lebih luas dan mendalam, mencakup aspek spiritual, moral, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep self-regulation dalam Al-Quran, dengan menganalisis ayat-ayat yang berkaitan dengan kontrol diri, kesabaran, ketabahan, dan pengendalian hawa nafsu. Berdasarkan data yang ada, penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research) atau sering disebut penelitian kualitatif non-interaktif. Salah satu jenis penelitian kualitatif yang tidak interaktif adalah analisis konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Quran memberikan panduan yang komprehensif mengenai self-regulation melalui ajaran tentang taqwa (kesadaran akan Allah), sabr (kesabaran), dan jihad an-nafs (perjuangan melawan diri sendiri). Konsep-konsep ini tidak hanya membantu individu dalam mencapai kesejahteraan pribadi, tetapi juga membangun masyarakat yang adil dan harmonis. Kesimpulannya, self-regulation dalam perspektif Al-Quran adalah integrasi antara pengendalian diri dan peningkatan spiritualitas, yang bertujuan untuk membentuk individu yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ablard, K. E., & Lipschultz, R. E. (1998). Self-regulated learning in high-achieving students: Relations to advanced reasoning, achievement goals, and gender. In Journal of Educational Psychology (Vol. 90, Issue 1, pp. 94–101). American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/0022-0663.90.1.94

Avati, P., Riskinanti, K., & Riskinanti, K. (2019). Hubungan antara Self Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa IIQ Jakarta. Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta, 3(2), 114. https://doi.org/10.22441/biopsikososial.v3i2.9002

Aziz, J. A. (2018). Self Regulated Learning Dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 81–107. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.141-06

Azmi, S. (2016). Self regulated learning salah satu modal kesuksesan belajar dan mengajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 19–20.

Azrien, M., Adnan, M., Mohamad, S., & Buniamin, S. (2014). Self-Regulated Learning and Motivation of Islamic Studies and Non-Islamic Studies Stream Students. GESJ: Education Science and Psychology, 6(32), 3–17.

Ceron, J., Baldiris, S., Quintero, J., Garcia, R. R., Saldarriaga, G. L. V., Graf, S., & Fuente Valentin, L. D. La. (2021). Self-Regulated Learning in Massive Online Open Courses: A State-of-the-Art Review. IEEE Access, 9, 511–528. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3045913

Corno, L., & Mandinach, E. B. (1983). The role of cognitive engagement in classroom learning and motivation. In Educational Psychologist (Vol. 18, Issue 2, pp. 88–108). Lawrence Erlbaum. https://doi.org/10.1080/00461528309529266

D, P. G. (1997). Handbook of Academic Learning: Construction of Knowledge. Elsevier.

DLT, S. A., Hamidah, H., & Surawan, S. (2022). Self Regulated Learning Dalam Belajar Al-Qur’an Pada Remaja Di Sidomulyo Tumbang Tahai Palangka Raya. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 4(2), 117–130. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v4i2.602

Febriani, N. A., & Kamaluddin, A. (2022). Regulasi Emosi Berbasis Al-Quran Dan Implementasinya Pada Komunitas Punk Tasawuf Underground. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 6(1), 73–102.

Fitrianto, H. (2020). The Roles of Islamic Education in Building Self-Regulated Learner in the Era of Distance Education. At-Ta’dib, 15(2), 84. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v15i2.4722

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2010). Teori-teori Psikologis (p. 202).

Hadwin, A. F. (2012). Self-Regulated Learning. 21st Century Education: A Reference Handbook, 01(01), I-175-I–183. https://doi.org/10.4135/9781412964012.n19

Hidayah, A., Nahwiyah, S., & Mailani, I. (2024). mengoptimalkan seluruh aspek perkembangan dalam diri seorang. 4, 19–25.

Khoerunnisa, N., Rohaeti, E. E., & Ningrum, D. S. ayu. (2021). Gambaran Self Regulated Learning Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 298. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7433

Latipah, E. (2010). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Juni, 37(1), 110–129.

Muhammad Aman Ma’mun. (2019). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 2–10. https://doi.org/10.37286/ojs.v4i1.31

Mukhid, A. (1998). STRATEGI SELF-REGULATED LEARNING (Perspektif Teoritik). Journal of Educational Psychology, 82(1), 33–40.

Ningsih, M. (2018). Pengaruh perkembangan revolusi industri 4.0 dalam dunia teknologi di indonesia. Pengaruh Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Dalam Dunia Teknologi Di Indonesia, 1–12.

Ping, A. M. (2012). Understanding self-regulated learning and its implications for strategy instruction in language education. The Journal of Language Learning and Teaching, 2(2), 89–104.

Pintrich, P. R. (2000). Chapter 14 - The Role of Goal Orientation in Self-Regulated Learning (M. Boekaerts, P. R. Pintrich, & M. B. T.-H. of S.-R. Zeidner (eds.); pp. 451–502). Academic Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-012109890-2/50043-3

Rahmawati, A. (2016). Kontekstualisasi Surat Al-Kahfi Ayat 66-82 Dalam Pendidikan Kontemporer. Tarbawi, 13(1), 90–108.

Reed, W. M., & Giessler, S. F. (1995). Prior computer-related experiences and hypermedia metacognition. Computers in Human Behavior, 11(3), 581–600. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0747-5632(95)80018-4

Saul, M. (2011). Albert Bandura- Social Learning Theory. Simply Psychology, 1–5.

Shaleh, M., Hasri, K. S., & Awad, F. B. (2021). Interpersonal and Metapersonal Self-Regulation of Al-Quran Memorizer Santri at Elementary School Level. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2072–2082. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1229

Shukor, K. A., Moral, J. P., & Karekter, P. (2023). Kerangka Pengaturan Kendiri Melalui Konsep Muraqabah Dan Muhasabah Imam Al-Ghazali the Framework of Self-Regulation Through the Concepts of Muraqabah and Muhasabah According To Imam Al-Ghazali. November, 152–162.

Utomo, K. M. (2022). Analisis Perkembangan Teori-Teori Psikologi dengan Epistemologi Problem-Solving Menurut Karl Popper. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i1.39725

Weinstein, C. E., & Macdonald, J. D. (1986). Why does a school psychologist need to know about learning strategies? Journal of School Psychology, 24(3), 257–265. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0022-4405(86)90058-0

Wulandari, A. A. (2020). Implementasi Self Regulated Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Issue July).

Yamani, A. Z., Hasbiannor, A., Masdar, Kurniaty, R. S., Riady, A., Maulana, A. R., Abie, A. S., Anwar, S., Norlatipah, Anisah, N., Liansari, N., Rahmawati, S., Jarimah, Rahmadi, E., Fikri, I., Lukman, R., Rahmatina, N., ’Abqary, M. A., Isnaniah, … Anshari, M. Z. (2021). Aneka Pendekatan dalam Tafsir Al-Qur’an Dari Khazanah Pemikiran Islam hingga Barat.

Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501_2

Zimmerman, B. J., & Martinez-Pons, M. (1990). Student Differences in Self-Regulated Learning: Relating Grade, Sex, and Giftedness to Self-Efficacy and Strategy Use. Journal of Educational Psychology, 82(1), 51–59. https://doi.org/10.1037/0022-0663.82.1.51

Downloads

Published

2024-06-12

Most read articles by the same author(s)