ANALISIS KEBIJAKAN MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: TINJAUAN MENDALAM TERHADAP IMPLIKASI DAN TANTANGAN

Authors

  • Sofiyyudin Azka UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Abdurrahman UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13131

Keywords:

Kebijakan Pendidikan, penerapan dan Moderasi Beragama

Abstract

Saat ini, banyak ketegangan sosial yang bersumber dari perbedaan agama dan sistem kepercayaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi badan-badan pemerintah untuk merancang program inovatif untuk mengatasi keadaan ini. Salah satu inisiatif tersebut adalah program moderasi beragama yang diperkenalkan oleh Kementerian Agama RI sejak tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam kebijakan moderasi beragama di Indonesia, khususnya dengan fokus pada implementasinya di bidang pendidikan. Melalui metodologi tinjauan pustaka, studi ini mengungkap bahwa Indonesia, sebagai negara multikultural, memiliki keberagaman suku, budaya, dan agama, yang pada hakekatnya menyimpan potensi konflik antar kelompok. Oleh karena itu, pengarusutamaan moderasi beragama muncul sebagai solusi yang tepat untuk mendorong perdamaian di tengah keberagaman. Kebijakan pendidikan mengenai moderasi beragama berupaya untuk menumbuhkan keharmonisan antar umat beragama di Indonesia, terutama dengan memitigasi intoleransi, semangat beragama, dan ekstremisme, yang semuanya merupakan ancaman terhadap kohesi sosial dan keamanan nasional. Dalam konteks globalisasi dan kemajuan teknologi, pendidikan moderasi beragama membekali siswa dengan pemahaman tentang peran agama kontemporer dan menumbuhkan nilai-nilai positif keagamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi Syaibah, I., & Bakr, A. (1994). Mushannaf Ibnu Abi Syaibah. Cet. III.

Al-Isfahani, A.-R., & bin Muhammad, H. (1992). Mufradat alfaz al quran. Dar Al-Qalam (Damascus).

Al-Qaradhawi, Y. (2003). Khasa’is al-ammah li al-islam. Maktabah Wahbah.

Alawi, H., & Maarif, M. A. (2021). Implementasi Nilai Islam Moderat Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural. Journal of Research and Thought on Islamic Education, 4(2), 214–230.

Alburaidi, A., & Ambusaidi, A. (2019). The Impact of Using Activities Based on the Montessori Approach in Science in the Academic Achievement of Fourth Grade Students. International Journal of Instruction, 12(2), 695–708.

Amin, R. (2014). Prinsip Dan Fenomena Moderasi Islam Dalam Tradisihukum Islam. Al-Qalam, 20(3), 23–32.

Azra, A. (2003). Kebangkitan Sekolah Elite Muslim: Pola Baru. Santrinisasi” Dalam Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu.

Islam, T., & Khatun, A. (2015). “Islamic moderation” in perspectives: A comparison between oriental and occidental scholarships. International Journal of Nusantara Islam, 3(2), 69–78.

Junaedi, E. (2019). Inilah moderasi beragama perspektif Kemenag. Harmoni, 18(2), 182–186.

Marfu’ah, U., Perdana, D. A., & Asmar, A. (2021). Institusionalisasi nilai toleransi di perguruan tinggi; refleksi atas rumah moderasi. Prosiding Muktamar Pemikiran Dosen PMII, 1(1), 249–258.

Moh Khoeron. (2021). Tiga Tantangan Moderasi Beragama di Indonesia. Kemenag.Go.Id. https://www.kemenag.go.id/nasional/tiga-tantangan-moderasi-beragama-di-indonesia-f1doma

Mumtahanah Lusia. (2020). INTEGRASI NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3 No. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.461

Rohman, M., Akmansyah, M., & Mukhibat, M. (2022). Mainstreaming Strategies of Religious Moderation in Madrasah. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 22(1), 95–118.

Romadona, E. P., Ma’ruf, A., Syafi’i, I., & Suparto, S. (2022). PEMBELAJARAN LABORATORIUM SOSIAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 115–128.

Shihab, M. Q. (2007). Secercah cahaya ilahi: Hidup bersama al-quran. Mizan Pustaka.

Suryadi, R. A. (2016). Visi dan Paradigma Pendidikan Agama Islam (PAI): Kualitas, Integratif, dan Kompetitif. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 4(2), 253–276.

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi moderasi beragama di lembaga pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348.

Wajnah, W. (2024). Moderasi Beragama Dalam Aspek Toleransi. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10).

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-03-27

Most read articles by the same author(s)