IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING PESERTA DIDIK DALAM PENCEGAHAN BULLYING DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ira Restu Kurnia PGSD FIPHUM Universitas Pelita Bangsa
  • Firda Meliawati Putri Universitas Pelita Bangsa
  • Nabila Azzahra Chandra PGSD FIPHUM Universitas Pelita Bangsa
  • Dinar Sulis Al Saepi PGSD FIPHUM Universitas Pelita Bangsa
  • Annisa Syifa Fauziah PGSD FIPHUM Universitas Pelita Bangsa
  • Eris Fadilah PGSD FIPHUM Universitas Pelita Bangsa
  • Torik Kaddafi PGSD FIPHUM Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14133

Keywords:

Layanan Konselor, Peserta Didik, Pencegahan Bullying

Abstract

Layanan konseling bagi peserta didik adalah suatu cara untuk membantu peserta didik dalam memahami dan mengatasi masalah-masalah baik masalah pribadi, sosial, akademis maupun masalah emosional peserta didik. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu agar mengurangi masalah bullying dengan cara memberikan mereka layanan konselor di sekolah. Penelitian yang dilakukan disini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu diharapkan agar layanan konselor tersedia di setiap sekolah agar masalah yang terjadi pada peserta didik khususnya bullying dapat dicegah dan ditangani.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyono, I. R. (2022). PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 549-458.

Andika Putra Pratama, M. S. (2023). IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB PERILAKU BULLYING. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling (JRbk), 2053-2065.

Anisa Dian Cahyani, M. H. (2023). Peranan Psikologi Pendidikan untuk Pencegahan. Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1-9.

Arum Setiowati, S. I. (2020). STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR. Elementary School , 188-196.

Faisal Akbar Manurung, E. H. (2023). Bullying dan Peran Bimbingan Konseling di Lingkungan Sekolah SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 322-330.

Fauziah, N. (2022). Program Layanan Bimbingan dan Konseling sebagai. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 39-52.

GamarAbdullah, A. I. (2023). Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 175-182.

Hasna Salsabila, K. N. (2021). Peran Layanan Khusus Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah dan Menangani Kasus Bullying di Sekolah . Journal on Early Childhood, 290-298.

Husnul Khatimah, S. (2024). IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA. Jurnal Pendidikan Dasar , 66-73.

Nurul Isnaeni Rahmat, I. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bullying di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 3804-3815.

Nurussakinah Daulay, M. A. (2023). Implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 94-103.

Riri Yunika, A. I. (2013). UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH. Jurnal Ilmiah Konseling, 21-25.

Siti Nurajijah, Z. S. (2022). STUDI KEPUSTAKAAN PERAN BIMBINGAN KONSELING DALAM. Journal of Islamic Education Counseling, 23-29.

Zefanya Amarya Christy, R. U. (2022). “Aku Siswa Anti Bullying”: Layanan Psikoedukasi untuk. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 429-239.

Downloads

Published

2024-06-06