TINGKATKAN KREATIVITAS DENGAN MEDIA KUE TASU : EKSPLORASI FILSAFAT DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13609Keywords:
Eksplorasi Konsep,, Integrasi Filsafat, Media Kue TasuAbstract
Pendidikan sains yang efektif di tingkat dasar memerlukan pendekatan inovatif yang tidak hanya memperkenalkan konsep-konsep ilmiah secara konvensional, tetapi juga merangsang kreativitas siswa dan memperluas pemahaman mereka tentang alam semesta. Salah satu pendekatan yang menarik adalah penggunaan media kue Tasu (sistem tata surya) dalam pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di sekolah dasar. Dalam penelitian ini, kami mengeksplorasi bagaimana penggunaan media kue Tasu dapat meningkatkan kreativitas siswa dan mengintegrasikan konsep filsafat dalam pembelajaran IPAS. Konstruktivisme menjadi kerangka teoritis yang mendukung pendekatan ini, menggarisbawahi pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam membangun pemahaman mereka sendiri melalui interaksi dengan materi. Integrasi konsep filsafat juga menjadi fokus dalam penelitian ini. Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan filsafat tentang asal-usul alam semesta, tujuan keberadaan manusia, dan hubungan antara manusia dan alam, siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kue Tasu dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran, merangsang kreativitas, dan memperluas pemahaman mereka tentang konsep-konsep ilmiah. Implikasi praktis dan teoretis dari pendekatan ini diperdebatkan, menyoroti pentingnya pendekatan pembelajaran inovatif yang memadukan konsep konstruktivisme dan integrasi filsafat dalam konteks pendidikan dasar.Downloads
References
Fadillah, Z. I. (2024). Pentingnya Pendidikan STEM (Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika) di Abad-21. JSE Journal Sains and Education, 2(1), 1-8. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jse/article/view/317
Firnando, H. G. (2024). Peran Pendidik dalam Implementasi Desain Pembelajaran Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Studi Edukasi Integratif, 1(1), 44-54. https://doi.org/10.53696/jsei
Hariyono, H. (2023). Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Ekonomi: Inovasi untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9040-9050. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2894
Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758-2771. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10090
Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi teknologi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi wordwall website pada mata pelajaran PAI di masa penerapan pembelajaran jarak jauh: tinjauan pustaka. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 192-205. https://doi.org/10.21093/twt.vxxiyy
Lubis, K. M. (2024). Pengembangan dan Aplikasi Media Pembelajaran: Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95-103. https://doi.org/10.59342/jgt.v3i1.349
Nerita, S., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2023). Pemikiran Konstruktivisme dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Education and development, 11(2), 292-297. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4634
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1), 19-28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Pramana, P. M. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme dengan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 487-493. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.875
Putri, E. N., Asrin, A., & Nurmawanti, I. (2023). Media Koin Bermuatan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2022-2027. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5973
Rafi’y, M., Irawan, F., & Harahap, D. G. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 669-682. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.243
Sakdulloh, M., Hidayah, U., & Halili, H. R. (2022). Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Holistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1), 530-538. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3777
Santi, D., & Aini, Y. (2022). Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren Menurut Nurcholis Madjid. TA'DIBAN: Journal of Islamic Education, 3(1), 1-19. https://doi.org/10.61456/tjie.v3i1.51
Sinaga, M. N., Ringo, S. S., & Netrallia, M. C. (2024). TEORI BELAJAR SEBAGAI LANDASAN BAGI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 4(2). https://doi.org/10.59818/jpi.v4i2.646
Tejawiani, I., Sucahyo, N., Usanto, U., & Sopian, A. (2023). Peran Artificial Intelligence Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Dengan Menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3578-3592. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16143
Tishana, A., Alvendri, D., Pratama, A. J., Jalinus, N., & Abdullah, R. (2023). Filsafat Konstruktivisme dalam Mengembangkan Calon Pendidik pada Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Kejuruan. Journal on Education, 5(2), 1855-1867. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.826
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.