PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPAS BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI PADA SISWA FASE C

Authors

  • Nanda Aulia Savitri Universitas PGRI Semarang
  • Sukamto
  • Siti Patonah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13094

Abstract

Kemampuan berargumentasi merupakan kemampuan merurumuskan masalah berdasarkan data, klaim, pendukung yang dapat menghasilkan argument sejara jelas dan logis. Kemampuan berargumentasi pada penerapannya akan menghasilkan peserta didik yang mampu berpikir kritis, serta dapat ,menyajikan argumentasi yang jelas, logis dan relevan sesuai dengan bukti. Pengembangan modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM dilakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi pada siswa fase C. Penyusunan pengembangaan modul ajar dilakukan berdasarkan hasil asesmen awal peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan metode one shot case study di sekolah dasar dengan medote penelitian Research and Development (RnD). Modul ajar yang dikembangkan telah melalui tahap validasi dan uji terbatas yang menghasilkan tingkat validitas tinggi dengan indeks aiken 0.91-0.97. hasil uji coba terbatas yang dilakukan pada siswa fase C menghasilkan peningkatan kemampuan berargumentasi dengan kulitas argumentasi yang beragam. Pengembangan modul ajar ini juga dilengkapi dengan media pembelajaran, yang diharapkan dapat menjadi pelengkap serta membuat modul ajar ini semakin menarik dan sesuai dengan kualitas argumentasi yang beragam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401–412. doi:https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1004

Bybee, R. W. (2010). Advancing STEM Education: A 2020 Vision. Technology & Engineering Teacher, 70(1), 30–35. From http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=a9h&AN=57388131&site=ehost-live

Cooper, C. (2019). Frekuensi Kenyaringan Bunyi. In A. M. Sururi. PT Pakar Raya.

Faiza, M. N. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Hardini, S., & Alberida, H. (2022). Analisis kemampuan argumentasi peserta didik. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(1), 93–99.

Harmita, D., & Aly, H. N. (2023). Implementasi Pengembangan dan Tujuan Kurikulum. Jurnal Multilingual. Jurnal Multilingual, 3(1), 114–119.

Hidayat, M. G. (2012). Ensiklopedia Bunyi. In R. W.. PT Mediantara Semeste.

Indriani, I. M. (2019). Mengenal cahaya (Sains Dasa). PT Sarana Pancakarya Nusa.

Interaktif, P., Mata, P., Ipas, P., & Mi, S. D. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar menggunakan model pembelajaran interaktif pada mata pelajaran ipas sd/mi. 2. 51–65.

Jasin, M. (2009). Ilmu Ilmiah Dasar (R. Pers (ed.); Revisi Per). PT RajaGrafindo Persada.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Ndiung, S., Jediut, M., & Nendi, F. (2023). Kebutuhan Modul Ajar Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 157–164. doi:https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.48005

Nomor, V., & Salamah, E. R. (2023). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat Pelatihan penyusunan modul ajar siswa sekolah dasar berbasis kurikulum merdeka. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat(3), 28–35. From https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Rengganis/article/view/307/308

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning Dengan Pendekatan Stem. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10–14.

Prasetya, P. M., Parmiti, D. P., & Bayu, G. W. (2022). TERPIKIR STEM: Instrumen Tes Berpikir Kritis IPA Berorientasi Pendekatan STEM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 363–371. doi:https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.50063

Pratiwi, E. (2023). STEM dan Profil Pelajar Pancasila. In N. N. Azizah. Jejak Pustaka.

Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(1), 16. doi:https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41424

Sutiyono. (2022). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman. Journal of Nusantara Education, 2(1), 1-10. doi:https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.39

Syadiah, N. A., & Hamdu, G. (2020). Analisis rasch untuk soal tes berpikir kritis pada pembelajaran STEM di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 138. doi:https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6524

Tajeri, Fakhrudin, A., & Hamdani, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (Issue 1). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Toulsim, S. E. (2003). The Uses of Argument. Cambridge: The Press Syndicate of the University of Cambridge. From https://books.google.co.id/books?id=8UYgegaB1S0C&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Utami, P. Q., Sumari, S., & Dasna, I. W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(4), 122. doi:https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i4.15217

Yulianto, F., Patonah, S., & Sukamto, S. (2023). Instrumen Awal Ipa Sd Berbasis Stem Pada Materi Ekosistem Siswa Fase C. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 190–203. https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.34719.

Downloads

Published

2024-03-25