ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN GERAKAN LITERASI PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI NGURENREJO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16117Abstract
Penelitian ini didorong oleh urgensi peran guru dalam memperkuat literasi serta pelaksanaan gerakan literasi. Fokus penelitian berfokus pada bagaimana guru berpartisipasi dalam meningkatkan gerakan literasi dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri Ngurenrejo. Tujuan studi ini adalah untuk menggambarkan kontribusi guru dalam memajukan gerakan literasi dalam konteks pembelajaran IPAS di SD Negeri Ngurenrejo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SD Negeri Ngurenrejo. Metode yang dipakai meliputi angket, observasi, wawancara dengan siswa dan guru kelas IV, serta dokumentasi. Proses pembelajaran IPAS di kelas IV SD N Ngurenrejo terbukti efektif melalui interaksi aktif antara guru serta siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian menampilkan peran guru sangat signifikan dalam meningkatkan literasi, terutama dalam mata pelajaran IPAS, dengan menciptakan lingkungan belajar yang aktif, kreatif, dan inovatif serta memberikan motivasi bagi siswa untuk rajin membaca dan mendampingi mereka saat mengatasi kesulitan dalam memahami materiDownloads
References
Annisa, Dwi. 2022. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(1980): 1349–58.
Dafit, Febrina, and Zaka Hadikusuma Ramadan. 2020. “Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4: 1429–37. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.
Fauzi, Arif Ahmad et al. 2022. Landasan Pendidikan. ed. Rizal Muhammad Kurnia. Banten: PT SADA KURNIA PUSTAKA. http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/495%0Ahttp://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/download/495/492.
Ginting, Eva Susanti. 2020. “Penguatan Literasi Di Era Digital.” Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020. https://www.nfra.ac.uk/publication/FUTL06/FUTI.06.pdf.
Ilmi, Nurul, Neneng Sri Wulan, and D Wahyudin. 2021. “Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3: 5.
Kemendikbud. 2015. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.” Permendikbud: 45. 2022. Kemendikbud Panduan Pembelajaran Dan Asesmen.
Lestari, Mas Roro Diah Wahyu, and Tiyas Dwi Septianingrum. 2019. “Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sd Dharma Karya.” HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD.
Rohim, Dhina Cahya, and Septina Rahmawati. 2020. “Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Ssekolah Dasar.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil PenelitianJurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 6.
Salsabilah, Azka Salmaa, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3): 7158–63. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857.
Sugiyono, P . D. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Wijayanti, Inggit Dyaning, and Anita Ekantini. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.