ANALISIS PELAKSANAAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MUATAN DIMENSI KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN KEDUNGSATRIYAN

Authors

  • Siti Nur Badrotun Muniroh Universitas PGRI Semarang
  • Siti Patonah
  • Ari Widyaningrum

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14543

Abstract

Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah implementasi profil pelajar Pancasila, dan pentingnya kreativitas bagi pelajar. Fokus penelitian ini adalah bagaimana implementasi profil siswa Pancasila yang mengandung dimensi kreatif dalam pembelajaran IPA dan IPA di SD Kedungsatriyan?. Tujuan penelitian adalah menganalisis implementasi profil siswa Pancasila yang mengandung dimensi kreatif dalam pembelajaran IPA dan IPA di SD Kedungsatriyan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SD Kedungsatriyan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian penerapan profil siswa Pancasila, muatan dimensi kreatif pada pembelajaran IPA kelas IV dan IPA SDN Kedungsatriyan tercermin pada saat proses pembelajaran. Siswa mampu memunculkan ide-ide baru dalam proses pembelajaran di kelas. Mampu menghasilkan karya baru. Serta mampu mencari alternatif solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi profil siswa Pancasila yang mengandung dimensi kreatif sudah tercermin dalam pembelajaran IPTEK di SD Kedungsatriyan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitria, Y. M., & Mayar, F. (2019). Eksistensi Guru dalam Mengembangkan Kretivitas Anak di TK. Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 3(1), 2019.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. 6(1), 1224–1238.

Kemendikbud. (2021). Panduan pengembangan projek peguatan profil pelajar pancasila jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Kemendikbudristek, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Lestari, M. A., & Hermawati, E. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Dalam Menanamkan Karakter Berkebhinekaan Global pada Siswa SDIT Darul Amanah. JISE (Journal of Innovation and Sustainable Empowerment), 2(1), 6–11.

Menteri Pendidikan, K. (2022). Permendikbud NO.56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (revisi cet). PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Presiden RI, D. R. (2003). UU N0. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1–42. https://whttps//jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Permendikbud. (2022). Permendikbud No. 033/H/KR/2022.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.

Puspitasari, Q. D., & Wibowo, A. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri Plebengan Bambanglipuro. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 1–7.

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 1(3), 177–187.

Sari, A. A., Maskhuriyah, D. El, Fatchan, E. G., Murti, V. S., & Maulidia, W. (2022). Mempersiapkan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4(April), 1068–1074. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/433

Soegeng, A. Y. (2020). Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Magnum Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-06-19