PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KOMPETENSI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sukamto Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Mukti Widayati MPBI Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Benedictus Sudiyana MPBI Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10008

Keywords:

membaca, kemampuan,make a match

Abstract

Kemampuan membaca adalah salah satu dasar dalam menentukankemampuan akademik anak serta sebagai aspek perkembangan Bahasa anak.Perkembangan Bahasa meliputi aspek kemampuan dalam membaca, menulis,menyimak, mendengar, serta berbicara. Sebagai salah satu aspek penting dalamperkembangan Bahasa, maka kemampuan membaca anak harus sudah mencapaitahap kematangan di usia sekolah dasar. Dalam perkembangannya masih banyakditemukan di lapangan anak usia kelas 1 Sekolah Dasar masih belum dapatmembaca dengan lancar. Salah satu penyebabnya adalah pada masa pandemi covid2019 banyak sekali anak yang tidak memasuki sekolah PAUD sehingga saatmemasuki Sekolah Dasar kemampuan membaca anak masih sangat kurang.Membaca permulaan merupakan kemampuan awal yang harus dimiliki oleh anak dalam menguasai kemampuan membaca secara menyeluruh. Kemampuan membaca permulaan harus sudah dikuasai oleh anak sejak usia PAUD. Untuk dapat tercapainya kemampuan membaca dengan memggunakan model pembelajaran yang tepat.. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam meningkatlkan kemampuan membaca permulaan adalah model make a match. Model pembelajaran make a match adalah salah satu cara untuk mengimplementasikan pembelajaran active learning Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Telnik pengumpulan data 1. Pengamatan langsung ( observasi ), 2. Wawancara, 3. Analisa dokumen. Moelong membedakan ada empat macam teknik triangulasi yaitu sebagai teknik pemeriksaaan keabsahan data yang memanfaatkan sumber, metode, penyidik, dan teori.1. Triangulasi sumber, 2.Triangulasi metode

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah Sabarti. 1993. Pembinaan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia.

Jakarta : Erlangga.

Astute, Yanuarita dan Ali Mustadi. 2014. Pengaruh Penggunaan Film Animasi

terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD.

Jurnal Prima Edukasia.

Darmiyati, zuchdi. 2001. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktek.

Yogyakarta: UNY Press.

Depdiknas. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP.

Wassid, Iskandar dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas

Indonesia.

Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya.

Nugrahani, Farida. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasi.

Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. bandung:

Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan BerBahasa.

Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2023-08-31

Most read articles by the same author(s)