ASPEK 4C PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10104Keywords:
Kata kunci : berfikir kritis, komunikasi, kolaborasi, kreativitasAbstract
Abstrak Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan aspek 4C pada pelaksanaan penerapan pembelajaran berbasis keterampilan Abad 21, mengetahui hambatan serta solusi dalam pelaksanaan pembelajaran dengan aspek 4C berbasis keterampilan Abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian untuk menghasilkan data studi kasus yang diamati dalam pembelajaran. Sumber data berupa dokumen, observasi dan narasumber yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran menerapkan strategi 4c berbasis abad 21 serta guru dan kepala sekolah di SD N Krajan 4. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun sudah sesuai dengan komponen dari keterampilan 4C. Di mana integtrasi diterapkan pada bagian kegiatan inti pembelajaran ada komponen kreatif, berpikir kritis, kolaborasi dan komunikasi. Kendala yang dihadapi guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran diantaranya guru belum sepenuhnya memahami keterampilan 4C dan cara pengintegrasiannya serta kurangnya penyuluhan mengenai rencana pelaksanaan pembelajaran tematik yang diintegrasikan dengan pembelajaran abad 21 atau keterampilan 4C. Strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pelaksanaan pembelajaran dengan mengadakan pelatihan/workshop baik dari sekolah maupun pemerintah atau inisiatif guru sendiri dalam upaya mengembangkan diri sebagai seorang guru professional.Downloads
References
Daftar Pustaka
Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197
Daryanto, K. S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. (2012). Modul Pedagogik Pembelajaran Abad 21, hlm. 9.
Etistika, Y. W., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global, Volume 1– ISSN 2528.
Fatmawati, M., Sudiyana, B., & Purbosari, P. M. (2021). Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Sekolah Dasar Tema Keluargaku: Perspektif Fungsi Komunikatif. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 3(1), 1.
Helaludin & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Ihsan, F. (2005). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Jamil Suprihatiningrum. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: A-Ruzz Media.
Kosasih E. (2016). Cerdas Berbahasa Indonesia Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Marsudi, S., Darsinah, Rubiyanto, R., & Surtikanti. (2019). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UMS.
Margono. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta; Rineka Cipta. hlm. 181
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2005). Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta: UI Press.
Mulyasa, E. (2007) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya), Cet Ke-4, h. 216.
Prihatin, Dwi dan Mukti Widayati. (2023). Pembelajaran Menulis Narasi Dengan Media Gambar Seri Di Sekolah Dasar Negeri 1 Giritirto. Journal on Education, 6(1), 6675-6686. DOI: 10 assistant Sudarma, M. (2013).
Widayati, Mukti., Sudiyana, B., & Nurnaningsih. (2023). Muatan Kearifan Lokal Dalam Teks Lagu Anak Berbahasa Jawa Sebagai Penanaman Pendidikan Karakter Di Sekolah. Journal on Education, 6(1), 6687-6698. [DOI: 10.46729/joe.v6i1.1018]
Yudha, W. A., Widayati, M., & Nurnaningsih. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Sarwono Film Hujan Bulan Juni dan Aplikasinya Sebagai Alternatif Materi Ajar Sastra. Journal on Education, 6(1), 6675-6686. [DOI: 10.46729/joe.v6i1.1017]
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.