PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM BIDANG KOSAKATA BUDAYA DASAR UNTUK PENGUATAN RELIGIUS BAGI ANAK USIA DINI

Authors

  • Fitri Yuniati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Mukti Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Benedictus Sudiyana Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Keywords:

Kata Kunci: media gambar, kosakata budaya dasar, penguatan religius, anak usia dini

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan penggunaan media gambar untuk saranan penguasaan kosakata budaya dasar untuk penguatan religius bagi anak usia dini, 2) mendeksripsikan kendala serta solusi penggunaan media gambar sebagai sarana penguasaan kosakata budaya dasar untuk penguatan religius bagi anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis data deskriptif. Pada penelitian ini, peneliti akan memahami fenomena yang dialami oleh siswa TK Aisyayah 1 Baturetno ketika memperoleh kosakata yang belum mereka dapatkan dengan menggunakan media gambar dengan fokus tema “Makhluk ciptaan Tuhan”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, wawancara dan analisis dokumen. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan untuk mengetahui penggunaan media gambar ssebagai sarana penguasaan kosakata budaya dasar untuk penguatan religius. Hasil pada perencanaan penerapa media gambar dipersiapkan dalam sebuah perencanaan awal dengan pembuatan silabus, RKM (Rancangan Kegiatan Mingguan) dan RKH (Rancangan Kegiatan Harian) yang disesuaikan di TK Aisyiyah Baturetno Wonogiri. Hasil kedua berupa penerapan yang ditemukan dari observasi dan wawancara penggunaan kosakata anak usai dini menunjukkan perubahaan yang signifikan daripada yang sebelumnya dengan guru mengenalkan kepada siswa melalui media gambar. Kendala yang dihadapi dari penerapan media gambar ditemukan pada keberagaman karakteristik yang dimiliki peserta didik serta kurang tumbuhnya motivasi belajar peserta didik. Solusi yang ditemukan adalah pemberian reward kepada peserta didik untuk mendorong kreativitas dan motivasi belajar anak.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Candrasari, Liring Ayu. (2014). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun di Desa Gembong Kecamatan BelikKabupaten Pemalang: Kajian Psikologi.Diakses tanggal 27 Agustus 2018. . http://eprints.ums.ac.id/i d/eprint/29874

Chen, R. W., & Chan, K. K. (2019). Using Augmented Reality Flashcards to Learn Vocabulary in Early Childhood Education. Journal of Educational Computing Research, 57(7), 1812-1831. https://doi.org/10.1177/0735633119854028

Intan, P.W, & Anik Lestariningrum. (2014). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Panggung Boneka Tangan. Nusantara of Reseacrh.

Karlina, Dwi Nami. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tk B Usia 5-6 Tahun Melalui Digital Storytelling Di Tk Apple Kids Salatiga Semester I Tahun Ajaran 2017/ 2018. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini. 12(1). 1–11.

Rantina, M., Hasmalena, & Nengsih, Y. K. (2021). Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun Selama Pandemi Covid- 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1578-1584. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.891

Sya'diyah, F. (2015). Peningkatan Keterampilan Bicara Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Bercerita (Wayang Beber Tematik) di Kelompok Bemain Al-Jauhariyyah Muslimat NU Kajen Margoyoso Pati [Universitas Negeri Semarang]. In International Journal of Soil Science (Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/10.3923/ijss.2016.1.8

Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Deepublish.

Masganti. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.

Soedjito, (2011). Kosakata Bahasa Indonesia. Aditya Media Publishing.

Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulus dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Werdiningsih, Dyah. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Anak. Nirmana Media.

Downloads

Published

2023-09-30