PENGARUH KECERDASAN LOGIS DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Aulia Alfianita Universitas Mataram
  • Ketut Sarjana Universitas Mataram
  • Syahrul Azmi Universitas Mataram
  • Nani Kurniati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13049

Keywords:

Kecerdasan Logis Matematis, Disposisi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuapi tahun pelajaran 2023/2024 baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto (kausal komparatif). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuapi tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 171 orang. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 51 orang yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes kecerdasan logis matematis berupa soal pilihan ganda, angket disposisi matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuapi tahun pelajaran 2023/2024 dengan kontribusi kecerdasan logis matematis sebesar 50,4%; 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuapi tahun pelajaran 2023/2024 dengan kontribusi disposisi matematis sebesar 42,9%; 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kecerdasan logis matematis dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuapi tahun pelajaran 2023/2024 dengan kontribusi kecerdasan logis dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 59,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustianti, R., Pandriadi, Nussifera, L., Wahyudi, & Meliana, I. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Makassar: CV Tohar Media.

Aristia, B. E., Sarjana, K., Junaidi, & Turmuzi, M. (2023). Hubungan antara Adversity Quotient (AQ) dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2665–2676.

Asmal, M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 30 Makassar. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 30–36.

Depi, S., Suendarti, M., & Liberna, H. (2022). Pengaruh Disposisi Matematika dan Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(3), 525–537.

Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, dan Kecerdasan Logis Matematis. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 69–73.

Kamsari, & Winarso, W. (2018). Implikasi Tingkat Kecerdasan Logika Matematika Siswa terhadap Pemecahan Masalah Matematika. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 44–52.

Khotimah, D. K., Amrullah, Baidowi, & Sridana, N. (2023). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung sari Tahun Ajaran 2022/2023. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 124(3), 358–363.

Kurniawan, A., & Kadarisma, G. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 41–49.

Mahmuzah, R. (2018). Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Problem Posing. Jurnal Pendidikan Sains Dan Humaniora, 6(1), 1–8.

Mayratih, G. E., Leton, S. I., & Uskono, Ir. V. (2019). The Effect of Mathematical Disposition on Students Mathematical Problem Ability. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 41(1), 47–55.

Muis, M. (2019). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Gresik: Caremdia Communication.

Prayitno, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Putri, L. S., Azmi, S., Salsabila, N. H., & Hikmah, N. (2022). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Matematis-Logis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 611–619.

Rabbani, A., Baidowi, Wahidaturrahmi, & Sripatmi. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myers Briggs Type Indicator ( MBTI ) Siswa Kelas IX. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1525–1533.

Suripatty, P. J. P., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Permainan Bingo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 100–109.

Downloads

Published

2024-03-20