ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 15 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11055Keywords:
Analisis, Penalaran Matematis, SPLDV, Gaya BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII pada materi SPLDV dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Indikator kemampuan penalaran matematis dalam penelitian ini meliputi tahap (i) mengajukan dugaan, (ii) mempresentasikan ide, (iii) melakukan manipulasi matematika, (iv) menentukan strategi penyelesaian, (v) menarik kesimpulan dan (vi) memeriksa kesahihan atau kebenaran suatu pernyataan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dari 63 siswa yang diberikan angket gaya belajar, diambil 6 subjek penelitian yang terdiri dari 2 siswa pada tiap-tiap gaya belajar dan dipilih melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes kemampuan penalaran dan wawancara. Hasil penelitian menggambarkan kemampuan penalaran matematis siswa pada tiap-tiap gaya belajar yaitu: (i) siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis sehingga termasuk ke dalam kategori tinggi; (ii) siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi 5 indikator, untuk indikator memeriksa kesahihan atau kebenaran suatu pernyataan, siswa belum mampu untuk memenuhinya, sehingga termasuk ke dalam kategori tinggi; (iii) siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya mampu memenuhi 4 indikator, untuk indikator menarik kesimpulan dan memeriksa kesahihan atau kebenaran suatu pernyataan, siswa belum mampu untuk memenuhinya, sehingga termasuk ke dalam kategori sedang.Downloads
References
Amalia, A., Happy, N., & Purwosetiyono, F. X. D. (2021). Profile of Students’ Representational Ability in Solving Mathematical Problems in terms of Learning Style. Jurnal Phenomenon, 11(1), 15–28. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.6521
Amieny, E. A., & Firmansyah, D. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 133–142.
Arianto, A. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IV SDN Gayamsari 02 di Kota Semarang. Jurnal Sinektik, 2(2), 136–149. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3327
Fitni, Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman Pada Materi Statistika ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.17977/um027v5i12020p001
Inastuti, I. G. A. S., Subarinah, S., Kurniawan, E., & Amrullah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pola Bilangan ditinjau dari Gaya Belajar. Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 66–80. https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.4
Jalal, A., & Afandi, A. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) Aljabar Berbasis Masalah untuk Mengoptimalkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 45–55. https://doi.org/10.33387/dpi.v6i21245
Khoirunnisa, A., & Soro, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2398–2409. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.869
Marwiyah, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan. (2020). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar V-A-K pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 294–307. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3738
Muslim, S. S., Prayitno, S., Salsabila, N. H., & Amrullah. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMPN 7 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 295–303. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.192
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nurjanah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa SMP Kelas VIII ditinjau dari Perbedaan Gender. Journal on Education, 1(2), 372–381. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.77
Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 377–385. https://doi.org/10.31941/delta.v9i2.1334
Permendikbud.2014 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58. Tahun 2014 Tentang Tujuan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Putri, A. A., & Isnaningrum, I. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi SPLDV di SMK Hutama Kota Bekasi. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 10, 201–209.
Putri, D. F. P., Ekawati, R., & Fiangg, S. (2022). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.35865
Rahmat, & Irfan, D. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatik, 7(1), 49–53. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i1.103642
Ramadhana, B. R., Prayitno, S., Wulandari, N. P., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 46–59. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i12305
Ridwan, M. (2017). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 193–206. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp193-206
Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 263–274. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.608
Sari, E. W., Sridana, N., & Hayati, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram Tahun Ajaran 2021 / 2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 537–546. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.173
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis ditinjau dari Gaya Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jprm.v7i2.34290
Sistasari, E. D., Walida, S. El, & Fathani, A. H. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik pada Materi Segitiga Kelas VII Almaarif 02 Singosari. JP3, 17(14), 1–7.
Sukmawati, Amrullah, Hikmah, N., & Soepriyanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Journal Of Classroom Action Research, 5(2), 106-110. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3207
Syahnaz, R. A. G. L., Anggareni, D. K., & Setiawan, Y. E. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X SMA pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(2), 1–14. https://doi.org/10.23887/wms.v15i3.31236
Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: CV Ipa Abong.
Yofita, A., Rahmi, & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 42–56. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4979
Zaenab, S. (2015). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 9 Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 90–97. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2451
Zulfah, N. A. A., Kusumaningsih, W., & Endahwuri, D. (2021). Profil Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 277–284. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i2.9495
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.