PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Anisah Anisah Universitas Mataram
  • Nani Kurniati Universitas Mataram
  • Tabita Wahyu Triutami Universitas Mataram
  • Syahrul Azmi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21125

Keywords:

Pengaruh, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ekperimen semu (Quasi eksperimen) dengan desain penelitian posttest-only group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram dengan sampel kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data berupa statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t    dengan taraf signifikan . Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram tahun ajaran 2024/2025. Setelah uji hipotesis dilanjutkan dengan uji effect size untuk melihat seberapa besar pengaruh yang diberikan, dimana pengaruh yang diberikan termasuk kategori sangat besar dengan nilai keberartian sebesar 1,16. Oleh karena itu, model problem based learning hendaknya digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. (2012). Learning to Teach (9 ed.). New York: McGraw-Hill.

Baidowi, Hikmah, N., & Amrullah, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.29303/jm.v1i1.537

Dirgantama, C. H. A., Th, D. S., & Ninghardjanti, P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Mengimplementasikan Program Microsoft Exel Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian di SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 36–53.

Febriyanti, I., Arjudin, & Jaelani, A. K. (2023). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2764

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Hiqwan, I. A., Amrulloh, Salsabila, N. H., & Soeprianto, H. (2023). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 5(3).

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Junaidi, J. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Socius, 9(1), 25. https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i1.7767

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 1(6), 1139–1148.

Muhayana, I., Sridana, N., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2021). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Hasil Belajar Matematika SMPN 1 Narmada Tahun Ajaran 2019/2020. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 132–141. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.40

Rahmatullah, T. M., Sripatmi, Kurniawan, E., & Hayati, L. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 2(4), 942–950. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3627

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 144–121. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155

Sidiq, R., Najuah, & Lukitoyo, P. S. (2021). Model-Model Pembelajaran Abad 21 (1 ed.). Banten: CV.AA.Rizky.

Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013 (1 ed.). Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (6 ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono., (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D.

Wijayanti, A., & Wulandari, T. (2016). Efektivitas Model Ctl Dan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Ips. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 112–124. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.7908

Zulva, M., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Si Bula (Stik Bilangan Bulat) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas IV SDN 18 Cakranegara Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 812–820. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.627

Downloads

Published

2025-01-01

Most read articles by the same author(s)