PENGEMBANGAN MEDIA TREECHART DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Nur Hikmawati Universitas Negeri Makassar
  • Herman PAUD Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
  • Azizah Amal PAUD Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13020

Abstract

Kemampuan mengenal konsep bilangan merupakan satu aspek yang penting dikembangkan sejak dini karena bilangan merupakan hal yang akan selalu dijumpai anak dalam kesehariannya dan sebagai dasar dalam membangun pemahaman matematika yang lebih kompleks di usia lanjut. Tujuan penelitian untuk (1) mengetahui gambaran kebutuhan pengembangan media treechart (2) mengetahui rancangan pengembangan media treechart (3) mengetahui validitas dan kepraktisan media treechart (4) mengetahui keefektifan media treechart. Jenis penelitian pengembangan dengan desain model 4-D. Tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 4 guru dan 16 anak kelompok A di TK Babul Jannah Kepulauan Selayar. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian (1) gambaran kebutuhan pengembangan media booklet sangat dibutuhkan oleh guru, karena media treechart dianggap dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun, (2) rancangan pengembangan media treechart  dengan instrument yaitu: analisis kebutuhan media, media treechart, buku panduan penggunaan media treechart, angket respon guru, dan asesmen kemampuan mengenal konsep bilangan anak, (3) kevalidan media treechart diperoleh hasil 3,5 dengan kategori sangat valid dan kepraktisan pengembangan media treechart diperoleh hasil 98,08% dengan kriteria sangat sangat praktis, dan (4) keefektifan media treechart diperoleh hasil 94,79% dengan kriteria sangat efektif. Jadi, media treechart dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun karena sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak. Kata kunci : Media pembelajaran, Media treechart, Kemampuan mengenal konsep bilangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M., Rahayu, E., & Guswanti, N. (2022). Penggunaan Media Pohon Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Kelompok B TK Mutiara Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. ArRaihanah : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2 (1), 26–36.

Fatimah, F. (2023). Analisis Faktor Penyebab Anak Usia Dini Mengalami Kesulitan dalam Berhitung di TK Siaga Muda Kec Percut Sei Tuan. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1-10.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi hasil PISA (the programme for international student assesment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30-41.

Ilyas, S. N., Amal, A., & Asti, A. S. W. (2021). Garuda3059486_2. 1(1), 11–16.

Indriasih, A., Sumaji., Badjuri., & Santoso. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 10 (2). 155-162. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228.

Jarwani, J. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Variatif dengan Media Loose Part. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 12-25.

Kharisma Diyenti, A. (2021). Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan Melalui Metode Bermain Alat Manipulatif. Jurnal Family Education, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.11

Muin, F. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tradisional Congklak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Khusnul Khotimah Polewali Mandar.

Mumtahanah, N. (2014). Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran PAI. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 91–104.

Musi, M. A. (2016). Peningkatakan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Demonstrasi dengan Media Gambar. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 19(1), 36-41.

Pertiwi, A. D., Asti, A. S., & Rusmayadi, R. (2023). Implementasi Metode Jarimatika dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Telkom Makassar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31671-31675.

Rahma, T. D., & Widyasari, C. (2023). Analisis Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Kantong Buah Pintar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2293-2300.

Sadiman, Arief. S., dkk. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 190–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359

Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(3), 193. https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.27

Thiargajan, S. Sammel, D.S & Sammel, MI. (2013). Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Youlandhani, I. K., Parwoto, P., & Suriani, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Kartu Angka Pada Anak Kelompok B TK Setia Budi Latukan Kab. Lamongan Jawa Timur. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(2), 51-60.

Downloads

Published

2024-03-21