PENGARUH KEGIATAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI TK ABIGAIL PRESCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14020Keywords:
sosial emosional , proyek penguatan profil pelajar pancasila, bermain legoAbstract
Masa golden age atau pada tahun pertama di kehidupan anak akan terjadi perkembangan yang sangat signifikan. Untuk itu, diperlukan variasi dan dukungan dari perangkat pembelajaran yang sesuai tahapannya dan masanya. Modifikasi kurikulum pendidikan secara dinamis membuktikan kepedulian terhadap kemajuan pendidikan. Merdeka belajar di jenjang PAUD dikenal dengan istilah merdeka bermain. Salah satu program dari merdeka belajar yaitu Profil pelajar pancasila yang telah dirancang sesuai dengan ketentuan Standar Kompetensi Lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan P5 terhadap sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan desain penelitian yaitu Nonequivalen Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 16 orang anak yang terbagi menjadi 8 orang anak kelompok kontrol dan 8 orang anak kelompok eksperimen yang merupakan anak didik kelompok B di TK Abigail preschool. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif dan analisis statistik Nonparametris Wilcoxon. Hasil penelitian terlihat bahwa 1) Pada kelas eksperimen dengan penerapan P5 berada pada kategori sangat tinggi. 2) pada kelas kontrol yaitu anak bermain lego berada pada kategori tinggi. 3) Hasil penelitian yang diperoleh adanya pengaruh P5 terhadap sosial emosional anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Abigail preschool.Downloads
References
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Erny, dhina evi rahma dan roesmaningsih. (2014). pengaruh penggunaan media pembelajaran flipchart sponge number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok a di tk permata hati buduran sidoarjo evi. 1, 1–6.
Nisak, N. H., & dkk. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Siswa Kelas IV SDN Socah 3. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 1(3), 170–183.
Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool, 1(1), 11–28. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8172
Sriandila, R., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. Journal on Education, 5(2), 1826–1840. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.823
Ulandari, S., & Dwi, D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 12–28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.