PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI KB NUR SUCI KABUPATEN PANGKEP
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.17526Keywords:
Keywords: Storytelling Method, Picture Story Books, Speaking Skills.Abstract
This research aims 1) to determine the description of the speaking skills of children aged 5-6 years in the control class before and after implementing the storytelling method using picture story books at the Nur Suci KB, Pangkep Regency. 2) To find out the description of the speaking skills of children aged 5-6 years in the experimental class before and after implementing the storytelling method using picture story books at KB Nur Suci Pangkep Regency, 3) To find out the differences in speaking skills between the control class and the experimental class after being given method treatment telling stories using picture story books for children aged 5-6 years at KB Nur Suci Pangkep Regency. Research design using Quasi Experimental Design. The data collection techniques used in this research are observation, tests and documentation. The subjects in this study were 13 people in the control group and 13 people in the experimental group. The results of the research show that there is a significant influence in the application of the storytelling method using picture story books on the speaking skills of children in group B at KB Nur Suci Pangkep Regency, with the results showing that the value obtained from the experimental group obtained an Asymp Sig (2-tailed) value of 0.000 <0.05.Downloads
References
Aisah, I. (2019). Strategi Penumbuhan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Empowerment,1(2), https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p121-129.622.
Amal. A., & Herlina. 2021. The Influence of Scrabble Games on Vocabulary Mastery in Children 5-6 Years at Taman PAUD Doa Ibu Makassar. Proceeding of The International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT). 4.697-701.
Amalia, E.R. Dkk. (2019) Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dengan Metode Bercerita. Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC), Mojokerto.
Amaliah, Siti. Dkk. Hubungan Menonton Video Youtube dengan Kemampuan Komunikasi Anak Usia 5-6 Tahun. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7 No 1, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2022
Andalusia N Permatasari. (2017). Literasi Dini Teknik Bercerita. Jurnal Family Edu. Vol III No 1.
Asrowi. Fenty Fahriyani. Kemampuan Komunikasi Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Bercerita Buku Bergambar. Jurnal Aksioma Al-Asas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 3 No 1, 2022.
Assagaf, L. (2020). Penerapan Supervisi Akademik di PAUD. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).
Chodijah, S. R. (2018). The Power of Story For Children. Pustaka Mediaguru.
Devianti, Rika. Dkk. Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 3 No 2, 2020.
Fitri, Ramadhana. Rismareni Pransiska. Keunggulan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol 4 No 2. Universitas Negeri Padang, 2020.
Fitriani, Agisty. Dkk. (2019). Studi Kasus Perkembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Bercerita. Jurnal Pelita PAUD Vol 4 No 1.
Fuadah, Y. T. (2022). Penggunaan Media Cerita Bergambar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Mubtadiin, Vol. 8, No. 10.
Harianto, Erwin. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika Vol. 9, N0. 4.
Herlina. Azizah Amal. (2021). Pengaruh Keterampilan Origami dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun pada TK Sulawesi Kota Makassar. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021 “Penguatan Riset, Inovasi dan Kreativitas Penelitidi Era Pandemi Covid-19”.
I Putu Ade Andre Payadnya and I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika, Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS (Yogyakarta: Deepublish, 2018).
Isna, Aisyah. Perkembangan Bahasan Anak Usia Dini. STAINU Purworejo: Jurnal Al_Athfal Vol 2 No 2, 2019
Izzati, Lailatul. Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol 4 No 1, 2020.
Makhmudah, Siti. Penanaman Nilai Keagamaan Anak melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 6 No 2, 2020
Nurjanah, A.P & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 5 (1), 1-7
Pancana, Beta. (2019). Peningkatan keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education, Vol 2. No 2.
Rahayu, N.P. dkk. Urgensi Jiwa Kepemimpinan Guna Menumbuhkembangkan Kesadaran Komunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata, 2022.
Ratnasari, E.M & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rika, Amal. A & Herman. 2023. Pengaruh Penerapan Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak di Taman Kanak-kanak Permata Bunda Desa Barangpalie Kecamatan Lasinrang Kabupaten Pinrang. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak Vol. 7, No 1 April.
Roza, Desmawati. Dkk. Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4 Issue 1, 2020.
Rusmayadi. Dkk. (2023). Pengaruh PjBL Terhadap Kemampuan Baca Tulis Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Tunas Siliwangi Vol 9 No 1
Saputra, Rizki N. (2019). Pengaruh Metode Latihan Terpusat dan Metode Latihan Acak terhadap Kemampuan Teknik Dasar Futsal. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3 (1) 2019.
Sihombing, Nuraya. Dkk. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Keterampilan Berbicara Anak di PAUD Bina Produktivitas Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (PPJT) Vol 4 No 1.
Siregar, Masyunita. Dkk. Pengenalan Ecoliteracy pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.Universitas Negeri Jakarta. Volume 5 Issue 1 (2021) hal 719-728.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sumitra, Agus. Dkk (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita menggunakan Boneka Jari. Jurnal Tunas Siliwangi. Vol, 6. No. 1.
Supriatna, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil BelajarIPA Materi Energi Alternatif Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Tahsinia, 2(1), 12–25.
Syamsiyah, Nur. Andri Hardiyana. Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6 Issue 3, 2022
Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.
Ulfah. (2021). Manajemen PAUD Berdaya Saing Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 385–397
Yannis, H., & Gillian, J. (2017). Toward More Effective Storytelling for Raising Environmental Awareness in Young Students. Journal of Advances in Education Research, 2(1), 12–18.
Zulfitria. Dkk. (2021). Penggunaan Metode Bercerita dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5, No. 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.