PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRABBLE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 07 CABANG GOWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14576Keywords:
Media Pembelajaran Scrabble, Kemampuan Literasi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Scrabble Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kemala Bhayangkari 07 Cabang Gowa sebelum dan setelah diberi perlakuan dan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh penggunaan media pembelajaran scrabble terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 07 Cabang Gowa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran scrabble serta variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 82 orang yaitu seluruh anak didik di kelompok B. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang anak, 30 oorang anak kelompok kontrol dan 30 orang anak kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan dan analisis statistik parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 15,13, sedangkan pada kelompok kontrol 10,87. Hasil pengujian yang dilakukan diperoleh nilai signifikan 0.001<0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima atrinya kemampuan literasi anak pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol, ini membuktikan media pembelajaran scrabble memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi anak usi 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 07 Cabang Gowa.Downloads
References
Haloho, O. (2022). Strategi Guru dalam Pengembangan Logika Anak Usia Dini. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1429.
https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4. 1063
Herman, H., Rusmayadi, R., & Herlina, H. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Taman Kanak-Kanak.
Ilyas, SN, & Asti, ASW (2021). Aplikasi Montessori Inspired Activity dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di TK Areta Amata School Makassar. Dalam Seminar Nasional LP2M UNM.
Imani, I. C., Laely, K., & Sulistyaningtyas, R. E. (2023, January). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Scrabble di Tk ‘Aisyiyah Pituruh Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 393-408).
Lismayani, A., Rahmi, S., Amriani, S. R., & Pratama, M. I. (2023). Pengembangan Model Permainan Scrabble Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 26-34.
https://doi.org/10.30605/cjpe.6120 23.2462
Muspawi, M., Suryani, I., & Rahayu, A.
Y. (2020). Penerapan Permainan Scrabble Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(1), 1-9.
https://doi.org/10.22437/jssh.v4i1.9 761
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.