IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN 48 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Juanawati Universitas Mataram
  • Moh. Irawan Zain PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Aisa Nikmah Rahmatih PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12762

Keywords:

Pendidikan Karakter, Religius, Mandiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan pendidikan karakter (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dan (3) Evaluasi hasil pendidikan karakter.  proses pengimplementasian pendidikan karakter religius dan mandiri yang dilaksanakan di SDN 48 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil peneitian ini bahwa  Implementasi pendidikan karakter religius dan mandiri diawali dengan melakukan perencanaan yaitu merancang strategi, menyusun rencana kerja, tata tertib, visi misi dan tujuan sekolah. Pada tahap perencanaan religius terdapat tiga indikator perencanaan yaitu indikator cinta damai, indikator toleransi dan indikator mencintai lingkungan. Sedangkan untuk perencanaan karakter mandiri terdapat 3 indikator yaitu indikator etos kerja, indikator kreatif dan indikator gemar membaca. Pada tahap pelaksanaan pada karakter religius terdapat indikator cinta damai programnya yaitu, 5S (Senyum, sapa, salam, sopan dan santun), indikator toleransi kegiatannya berupa Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Nyepi dan Maulid Nabi dan indikator mencintai lingkungan programnya berupa gotong royong dab reboisasi. Sedangkan pada pelaksanaan karakter mandiri terdapat terdapat tiga indikator yaitu, etos kerja programnya berupa pramuka, indikator kreatif programnya berupa pembuataan mading dan indikator gemar membaca programnya berupa literasi di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsanulikhaq. Moh. 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia. 2(1): 21-33

Arifin dan Barnawi. 2016. Srategi dan Kebijakan Pembelajaraan Pendidikan Karakter. Jogjakarta; Ar- Ruzz Media.

Fatmawati, RD, Zain MI, dan Sobri, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter di SDN 1 Marong Lombok Tengah. Jurnal Education FKIP UNMA. Vol. 9 (4).

Hadisi, Al. 2015. Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al- Ta’ dib. 8(2) :87

Hartanti, Ani Budi., dkk. 2020. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di SMP Muhammadiyah 3 Ampel Kabupaten Boyolali. Jurnal Menejemen Pendidikan. 9 (3): 296.

Hendriana, Eviana Cinda., dkk. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 1(2) 25- 29.

Jannah, Mifathul. 2019. Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang diterapkan di SDTQ-T AnNajah Pondok Pesantren Cinandi Alus Martapura. Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1):77-102.

Judiani, Sri. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. 16 (20): 281

Khamalah, Nur. 2017 Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. 2. Jurnal pendidikan vol 2 (2): 132

Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Zaman Global. Jakarta: PT Grasindo.

Kurniawan, Machful Indra.Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia. 4(1) 2089-3833.

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik. Bandung: Nusa Media

Lickona, Thomas. 2015. Education For Character Mendidik dan Membentuk Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Magdalena, Ina., dkk. 2021. Implementasi Model Pembelajaraan Daring Pada Masa Pandemi Covid- 19 Di Kelas III SDN Sindangasari III. Jurnal Pendidikan Dakwah. 3 (1) 119-128

Maryono, dkk. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri di Sekolah Dasar. Gentala Pendidikan Dasar, 3(1) 20-28.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Ningsih, Tutuk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Perspektif di Sekolah. INSANIA. 16 (2): 135- 140.

Nova, Deana Dwi Rita dan Novi Widiastuti. 2019. Pembentukan Karakter Mandiri Anak melalui Kegiataan Naik Tranportasi Umum. Comm-Edu, 2(2): 133-118.

Novan, M., Sumampouw, I., dan Undap, G. (2018). Implementasi Pembangunan Infrastruktur dalam penggunaan Dana Desa Tahun 2017 (studi) Desa Ongkaw II Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, (1), 1-11.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2018 Pasal 2 Ayat 1 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Retno Listyarti. (2012). Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif, kreatif. Jakarta: Esensi. Divisi Penerbit Erlangga.

Rosyad, Ali Miftakhu,. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaraan Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Keilmuan Menejemen Pendidikan. 5(2) 173-190.

Satori, D., dan Komariah, A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (4 th ed.) Bandung: CV. Alfabeta.

Siddiqqi, H., Sudirman, S., dan Turmuzi, M. (2021). Strategi Orang Tua Membimbing Anak Belajar Dari Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 638-643.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (3 rd ed). CV ALFABETA.

Undang- Undang No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenamedia Group.

Downloads

Published

2024-03-11