PENGARUH METODE SHOW NOT TELL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS V GUGUS 4 DESA BERAIM

Authors

  • Baiq Putri Widia Jayanti Jayanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mataram
  • Putri Universitas Mataram
  • Musaddat Universitas Mataram
  • Aisa Nikmah Rahmatih Universitas Mataram

Keywords:

Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi, Metode Show Not Tell, Media Gambar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34-40.

https://core.ac.uk/download/pdf/235121792.pdf

Anggraeni, N. D. (2019). Pendampingan belajar bahasa Indonesia melalui pendekatan whole language di sekolah dasar negeri 020 Galang. Minda Baharu, 3(2), 145-155.

Aswat, H., dkk. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar.

https://osf.io/preprints/inarxiv/pq324/download

Azis, A., & Mukhtar, M. (2013). Pembelajaran Kompetensi Menulis

Cerpen Melalui Metode Show Not Tell. Semantik, 2(2), 1-28.

https://media.neliti.com/media/publications/129556-ID-pembelajaran- kompetensi-menulis-cerpen-m.pdf

Bunari, B., Setiawan, J., Ma’arif, M. A., Purnamasari, R., Hadisaputra, H., & Sudirman, S. (2024). The influence of flipbook learning media, learning interest, and learning motivation on learning outcomes. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(2), 313-321.

Faisal, M., Asrin, A., & Jaelani, A. K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 807-815.

http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27534

Heru, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Menulis Karangan Deskripsi. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(1), 29-34.

https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/19 23

Indraswati, D., Fauzi, A., Jiwandono, I. S., & Rahmatih, A. N. (2022). Efektivitas Model TTW (Think Talk Write) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Dasar Siswa. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 15(1), 1-12.

Jaelani, A. K., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Video dan Audio Visual Bagi Guru SD Negeri Gugus V Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah: Media Audio Visual; Perangkat; Kegiatan pembelajaran. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 279-284.

Jayanti, F., & Fachrurazi, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery dengan Menggunakan Media Gambar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Pontianak. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 329-339.

http://ejournal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/24 91

Parameswari, K. I., Gunayasa, I. B. K., & Asrin, A. (2022). Analisis Kaidah Kebahasaan Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 1 Sandik Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 61-67.

Putri, M. S., Tahir, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Powtoon pada Tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Semester II Kelas 1 di SDN 25 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 236-242.

Rahayu, N. K. S., Musaddat, S., Setiawan, H., & Husniati, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Round Table Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 1 Terong Tawah Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(2), 96-104.

Selvia, B. F., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Metode Show Not Tell Dan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V Gugus 5 Desa Setiling. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 32-38.

Sonia, G. (2022). Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Syazali, M., Erfan, M., Khair, B. N., Rahmatih, A. N., & Hasnawati, H. (2023). The effectiveness of template and example paper implementation in developing student writing skills in science courses. Jurnal Pijar Mipa, 18(3), 336-342.

https://repository.unja.ac.id/34589/

Wulandari, Winda. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teknik Show Not Tell Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Narasi Murid IV SDI Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Makasar

Downloads

Published

2024-06-30