PENGARUH METODE SHOW NOT TELL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS V GUGUS 4 DESA BERAIM
Keywords:
Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi, Metode Show Not Tell, Media GambarDownloads
References
Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34-40.
https://core.ac.uk/download/pdf/235121792.pdf
Anggraeni, N. D. (2019). Pendampingan belajar bahasa Indonesia melalui pendekatan whole language di sekolah dasar negeri 020 Galang. Minda Baharu, 3(2), 145-155.
Aswat, H., dkk. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar.
https://osf.io/preprints/inarxiv/pq324/download
Azis, A., & Mukhtar, M. (2013). Pembelajaran Kompetensi Menulis
Cerpen Melalui Metode Show Not Tell. Semantik, 2(2), 1-28.
https://media.neliti.com/media/publications/129556-ID-pembelajaran- kompetensi-menulis-cerpen-m.pdf
Bunari, B., Setiawan, J., Ma’arif, M. A., Purnamasari, R., Hadisaputra, H., & Sudirman, S. (2024). The influence of flipbook learning media, learning interest, and learning motivation on learning outcomes. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(2), 313-321.
Faisal, M., Asrin, A., & Jaelani, A. K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 807-815.
http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27534
Heru, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Menulis Karangan Deskripsi. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(1), 29-34.
https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/19 23
Indraswati, D., Fauzi, A., Jiwandono, I. S., & Rahmatih, A. N. (2022). Efektivitas Model TTW (Think Talk Write) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Dasar Siswa. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 15(1), 1-12.
Jaelani, A. K., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Video dan Audio Visual Bagi Guru SD Negeri Gugus V Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah: Media Audio Visual; Perangkat; Kegiatan pembelajaran. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 279-284.
Jayanti, F., & Fachrurazi, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery dengan Menggunakan Media Gambar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Pontianak. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 329-339.
http://ejournal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/24 91
Parameswari, K. I., Gunayasa, I. B. K., & Asrin, A. (2022). Analisis Kaidah Kebahasaan Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 1 Sandik Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 61-67.
Putri, M. S., Tahir, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Powtoon pada Tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Semester II Kelas 1 di SDN 25 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 236-242.
Rahayu, N. K. S., Musaddat, S., Setiawan, H., & Husniati, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Round Table Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 1 Terong Tawah Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(2), 96-104.
Selvia, B. F., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Metode Show Not Tell Dan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V Gugus 5 Desa Setiling. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 32-38.
Sonia, G. (2022). Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Syazali, M., Erfan, M., Khair, B. N., Rahmatih, A. N., & Hasnawati, H. (2023). The effectiveness of template and example paper implementation in developing student writing skills in science courses. Jurnal Pijar Mipa, 18(3), 336-342.
https://repository.unja.ac.id/34589/
Wulandari, Winda. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teknik Show Not Tell Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Narasi Murid IV SDI Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Makasar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.