PENGARUH METODE PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTETIC, TACTILE (VAKT) TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS II SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.25032Keywords:
Metode VAKT, Kemampuan Numerasi.Abstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam peradapan manusia guna mengembangkan kemampuan dalam dirinya, salah-satunya adalah kemampuan numerasi. Mengembangkan kemampuan tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah-satunya menerapkan proses pembelajaran yang menggunakan metode multisensori seperti metode VAKT. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode pembelajaran visual, auditory, kinestetic, tactile (VAKT) terhadap kemampuan numerasi siswa kelas II SDN 28 Cakaranegara tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sample dalam penelitian adalah siswa kelas II SDN 28 Cakranegara yang terdiri dari 48 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan soal tes kemampuan numerasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji pra-syarat yaitu normalitas dan homogenitas. Selanjutnya, uji hipotesis menggunakan uji Independet Sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa nilai signifikansi yaitu 0.000 < 0.05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan. Kemudian, dilihat dari uji effect size sebesar 0.10 berada di antara klasifikasi d ≤ 0.5, dimana pengaruh metode VAKT terhadap kemampuan numerasi tergolong dalam kategori sedang. Ho ditolak dan Ha diterima, yang menunjukkan ada pengaruh metode pembelajaran visual, auditory, kinestetic, tactile (VAKT) terhadap kemampuan numerasi siswa kelas II SDN 28 Cakranegara tahun ajaran 2024/2025”.Downloads
References
Anggriani, Widiada, Zain, M.I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap Hasi Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas III SDN 28 Cakranegara tahun Pelajaran 2019/2020. Pendas: Primary Education Journal, Vol.1 (2).
BPMP Provinsi NTB. (2022). Upaya Tingkatkan Literasi dan Numerasi, BPMP Provinsi NTB Paparkan Hasil Rapor Pendidikan dalam Acara Kemitraan Lintas Organisasi.
Dewi, S,U,S. (2015). Pengaruh Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelas Awal Sekolah Dasar. STITNU Al Hikah, Vol. 3 (1).
Efendi M. Syahrun. (2013). Desain Eksperimental dalam penelitian pendidikan. Jurnal Perspektif Pendidikan, Vol. 6, 87.
Han, Susanto, Dewayani, et.al. (2017). Gerakan Literasi Nasional: Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 3.
Handayani, Swistoro, Risdianto. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu.
Hidayat & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 24.
Inayah, N. (2020). Implementasi Metode VAKT dalam Kemampuan Menulis Permulaan Pada Murid Cerebral Palsy Tipe Spastik Kelas I di SLB Negeri Gowa.
OECD. (2023). Hasil PISA 2022 (Volume I): Keadaan Pembelajaran dan Kesetaraan dalam Pendidikan, PISA, OECD Publishing, Paris. OECD. (2023). Hasil PISA 2022 (Volume II): Pembelajaran Selama dan dari Disrupsi, PISA, OECD Publishing, Paris.
Purnamasari. (2023). Efektifitas Metode VAKT (Visual, Audiotory, Kinestetic, Tactile) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Huruf Abjad Anak Tunagrahita
Shidqi & Budi. (2023). Penggunaan Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Berkebutuhan Khusus: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 7 ( 3), 3.
Siahaan & Siahaan (2024). Pengembangan Modul Digital Interaktif Melalui Metode knowshare untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Pada Mata Kuliah Statistika. DE_Journal (Dharmas Education Journal), Vol. 2, No.1, 637-645
Suryani. (2019). Pendekatan Multisensori dalam Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Kelompok B5 TK Islam Tunas Melati Yogyakarta.
Wulandari, D. (2022). Metode Pembelajaran Dalam meningkatkan Keaktifan Belajar. Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah: The Indonesian Journal of Islamic Studies, Vol. 10 (1), 76.
Zulkifli. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1 sampai 10 Melalui Metode VAKT Bagi Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol. 1, No. 2, Mei 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.