EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Authors

  • Qonita Al- Ishmah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Heri Hadi Saputra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Hikmah Ramdhani Putri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24862

Keywords:

Electrical Circuits, Problem-Based Learning, PhET Simulation, Problem-Solving Ability, Science.

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran IPA menuntut diterapkannya model pembelajaran yang mendorong keaktifan dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media interaktif PhET Simulation terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Rangkaian Listrik. Metode yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design di SDN 33 Mataram. Sampel ditentukan melalui teknik sampling jenuh, dengan kelas VI A sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan uji independent samples t-test dan uji N-Gain. Hasil menunjukkan bahwa nilai  (6,752) >  (2,010), yang berarti terdapat pengaruh signifikan model PBL berbantuan PhET Simulation terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Nilai N-Gain sebesar 0,578 berada dalam kategori sedang, menunjukkan peningkatan hasil belajar yang cukup efektif. Dengan demikian, model PBL berbantuan media PhET Simulation terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asie, Y. P. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika dengan Penggunaan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology). Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 1(2).https://ejournal.upr.ac.id/index.php/bpjps/article/view/bpjpsv1i2a3

Darwanti, A. (2013). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Creative Approach pada Siswa Kelas V SDN 03 Karangsari Jatiyoso Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Tidak diterbitkan. Surakarta: UMS.http://eprints.um.s.ac.id/23060/21/NAS KAH_PUBLIKASI.pdf

Depdiknas. (2003) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dinda R, S., & Atmojo, S. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 1 Padokan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 48-57. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i1.399

Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2015). Multimedia interaktif dalam pembelajaran konsep listrik bagi calon guru. Jurnal pendidikan fisika dan teknologi, 1(1). https://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/230

Ilham, M., Husniati, A., &Muzaini, M. (2024). Implikasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Phet Simulation terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4 (4), 1502 – 1518.

Iryani, dkk (2018). Remediasi Miskonsepsi Siswa dengan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbantuan Simulasi PhET. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7 (4). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/24725

Lestari, S. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai PhET Simulation Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika di SMA Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika (JPF), 11 (1).https://jpf.jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/29405

Mariawan, I. M. (2013). Karakteristik Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Do Talk Record Dalam Sains. In Prosiding Seminar Nasional MIPA. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/2696

OECD. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.

Safitri, A. Y. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). https://doi.org/10.31219/osf.io/xswn8

Satipa, D. A., Susilawati, S., Hikmawati, H., & Gunada, I. W. . (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2712–2720. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2668

Syamsidah, S., & Hamidah, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL): Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.

Wieman, C. E., Adams, W. K., & Perkins, K. K. (2008). Physics. PhET: Simulations that enhance learning. Science, 322 (5902), 682–683. https://doi.org/10.1126/science.1161948

Downloads

Published

2025-05-14

Most read articles by the same author(s)