PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) BERBASIS MEDIA EDUCATIVE GAMES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Muhammad Kharis Universitas Muria Kudus
  • Sekar Dwi Ardianti PGSD FKIP Universitas Muria Kudus
  • F.Shoufika Hilyana PGSD FKIP Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12397

Keywords:

POE (Predict-Observe-Explain), Educative Games, Berfikir Kritis

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa kelas 4 SDN Jambeyan ditunjukan dari hasil tes pemerolehan data awal dari 12 siswa hanya 25% yang melampaui KKTP dengan rata-rata 72 serta dari hasil wawancara kepada guru kelas yang menyatakan bahwa siswa tergolong pasif pada saat pembelajaran. Tujuan dari peneliti]an ini yaitu (1) Menganalisis perbedaan rata-rata skor kemampuan berfikir kritis siswa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) berbasis media educative games (2) Menganalisis peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) berbasis media educative games. Bentuk penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental dengan menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jambeyan dengan menggunakan teknik sampling jenuh dan sampel yang digunakan siswa kelas 4 SDN Jambeyan yang berjumlah 12 siswa. Instrumen yang digunakan instrumen tes (pretest-posttest), sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t-test dan Ngain. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan yang ditunjukkan dari hasil yaitu 52,0833 untuk nilai pretestnya dan 80,1667 untuk hasil posttestnya selain itu nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan. (2) Terdapat peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa dengan nilai Ngain sebesar 0,6021 yang artinya kriteria peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa termasuk kriteria sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afra, Putri; Hilyana, F. Shoufika Hilyana; Fardani, M. A. (2023). PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD 1 KANDANGMAS. 24(1), 111–120.

Ai Linda Nurmalasari, Asep Kurnia Jayadinata, M. (2022). Pengaruh Strategi Predict Observe Explain Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 181–190.

Amaliah, L., Ayatusa’adah, A., & Lestariningsih, N. (2023). Penerapan Model Predict Observe Explain (POE) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(2), 150–157. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i2.6473

Amirullah, G., Suciati, R., & Handayani, D. (2019). The Impact of Predict Observe Explain ( POE ) strategy against student ’ s critical thinking ability Pengaruh Strategi Predict Observe Explain ( POE ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 173–180.

Amirullah, G., Suciati, R., Susilo, S., & Handayani, D. (2019). Pengaruh Strategi Predict Observe Explain (POE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Biodik, 5(2), 173–180. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7165

Astuti, T. W., Ariyanto, J., & Dwiastuti, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 1–14. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4482

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469–1479.

Delita Dede, Rasyid Abdur, S. M. K. (2021). Predict Observe Explain ( Poe ) Terhadap. 93–97.

Erviana, L. (2019). Pengaruh model pembelajaran POE (predict-observe-explain) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XII pada materi fotosintesis di MAN 2 Palembang.

Fernanda, A., Haryani, S., Tri Prasetya, A., & Hilmi, M. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga dengan Model Pembelajaran Predict Observe Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2326–2336.

Fitrianingsih, E., Mulyani, H., & Lepiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Di Sman Rawajitu Selatan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(2), 147. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i2.4440

Jaelani, E., Wahidin, & Roviati, E. (2016). Penerapan Media Ular Tangga Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Mts Al-Muatawally Kuningan. Scientiae Educatia: Jurnal Sains Dan Pendidikan Sains, 5(1), 25–38. www.syekhnurjati.ac.di/jurnal/index.php/sceducatia

Juliyanto, D. D., Masfuah, S., Hilyana, F. S., & Artikel, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Kayuapu dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching Berbasis Media Educative Game. 6(1).

Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579

Lina rosidah, L. rosidah, Savitri Wanabuliandari, & Sekar Dwi Ardianti. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media KAPINDO Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema 6 Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 50–64. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14412

Masithohsari, A., Fakhriyah, F., Ardianti, S. D., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2020). Model Student Team Achievement Divisions Berbantu Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Student Team Achievement Divisions Model Assists Pop Up Book Media in Improving Students’ Critical Thinking Ability. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 110–117. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Mustika Sari, N., Masfuah, S., & Dwi Ardianti, S. (2020). Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Permainan Pletokan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 219–224. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.376

Parafia, A., & Pare Rombe, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (Poe) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berfikir Kritis Dasar Siswa Application of the Predict Observe Explain (Poe) Learning Model To Improve Concept Understanding and Basic Critical Th. Jurnal Zarah, 10(1), 47–52.

Ponna Afra Siti Annisa, Suratman Asep , Sugilar Hamdan, K. R. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis melalui Metode Predict-Observe-Explain Berbantuan Aplikasi Kahoot (p. 50).

Qomariah, Y. N., & Supardi, Z. A. I. (2021). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 49–56. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.49-56

Saputra, I. G. E. (2021). Pengaruh Game Edukasi Adventure Berbantuan Online Hots Test Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 715–736. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.301

Sari, I. N., Ardianti, S. D., & Khamdun, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media PSA (Panggung Siklus Air) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 302–310. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.539

Shoimah, N., & Listiana, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe POE (Predict-Observe-Explain) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Ekosistem Di MA Muhammadiyah 09 Lamongan. Pedago Biologi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(2), 32–42.

sugiono. (2022). Dasar-Dasar Statistika. Dasar-Dasar Statistik Penelitian, 95–116. http://ebook.repo.mercubuana-yogya.ac.id/Kuliah/materi_20151_doc/e-learning uji beda rata-rata 1.pdf

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.

Ulpa, S. U., Hidayat, S., & Nuraini, N. (2019). Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Melalui Model Pembelajaran Predict Observe and Explain (POE) Empowerment of Students’ Critical Thinking Ability in Grade VIII Through POE (Predict Observe and Explain) Learning Model. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 3(1), 43–48. https://jurnal.um-palembang.ac.id/dikbio/article/view/1187

Yulianto, E., A.Sopyan, & Yulianto, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kognitif Fisika SMP. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 3(3), 1–6.

Downloads

Published

2024-02-29