PEMANFAATAN APLIKASI WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN PKn DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI WINDOWS SHOPPING

Authors

  • Eryuna Irmawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sutrisna Wibawa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12095

Keywords:

wordwall, problem based learning, windows shopping

Abstract

This research aims to describe the process of utilizing wordwall application in learning Civics with problem-based learning model integrated windows shopping. The subject of this research is grade V students at SD Negeri Jatisawit while the object of this research is the utilization of wordwall applications and problem-based learning models integrated window shopping. This type of research is descriptive qualitative research and triangulation data collection techniques by connecting interview, documentation and observation techniques. The results showed that by utilizing wordwall applications in Civics learning using problem-based learning models integrated windows shopping can overcome the problems of monotonous learning, students who are not active during learning, and lack of character development in the learning process.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Auliya, H., Dewi, N. R., & Melati, E. L. L. (2023, July). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran PBL dan Windows Shopping Pada Materi Bumi Dan Tata Surya Kelas VII. In Proceeding Seminar Nasional IPA.

Cahyani, K. D. (2021). Motivasi Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Model Windows Shopping di SD Negeri Nirmala. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 23-29.

Farhaniah, S. (2021). Penerapan Media Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 127 Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Fathurrohman, Pupuh. di dkk. Sekolah. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Heldianty, Y., & Tampubolon, T. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Teknik Polya terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Pokok Usaha Dan Energi di Kelas X Semester II SMAN 1 Batang Kuis T.P 2018/2019. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 9(3), 82–88.

Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., & Setiawan, T. Y. (2023, August). Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 3, pp. 527-532).

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas Iv Sd N 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 1 6.

Rizki, D., Rahmawati, N., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Rifqi, A. (2023). PEMANFAATAN WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SD NEGERI GISIKDRONO 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1812-1825.

Saputri, M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92-98.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199.

Sulistyaratih, N. I., Adnan, Sehalyana, & dkk. (2021). Penerapan Problem Based Learning dan Windows shopping untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(2), 77–88.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenada Media Group.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (PBL). Buku, 1–92.

Vista, E. R. B., Chasanatun, F., & Kustini, K. (2023). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI MEDIA GAME ONLINE WORDWALL PADA MATA PELAJARAN PPKN. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 271-279.

Wahyuni, Rahma. 2017. “Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Windows Shopping Terhadap Partisipasi Bimbingan Konseling Klasikal” Vol.2, No. 2. Temanggung: Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia.

Wijaya, R., Fahreza, F., & Kistian, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Karakter Toleransi Dan Demokratis Siswa Pada Pelajaran PKN Kelas V Di SD Negeri Paya Peunaga. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Zulfa, E., Roshayanti, F., & Purnamasari, I. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL PADA PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4684-4692.

Downloads

Published

2024-03-11