ANALISIS MISKONSEPSI IPA SD PADA MATERI PENCERNAAN MANUSIA

Authors

  • Puspita Putri Sinta Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Supadmiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Reni Himawanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11846

Keywords:

Miskonsepsi, Sistem Pencernaan Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik kelas 5 pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SD Negeri Godean 1 Sleman.  Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas 5 sebanyak 29 anak. Faktor penyebab miskonsepsi berasal dari kemampuan peserta didik yang berbeda, konteks bahasa, buku pelajaran, penggunaan media, dan metode mengajar guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda disertai dengan Cretainty of Response Index (CRI). Hasil penelitian terdapat 22,22% paham konsep, 28,00% tidak paham konsep, dan 44,82% mengalami miskonsepsi. Ditemukan hasil penelitian miskonsepsi terbanyak pada fungsi esofagus sebesar 62%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alonemarera, A. S. 2020. “Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Materi Genetika Menggunakan Certainty of Response Indeks (Cri).” Jurnal Biotek 8(2):109. doi: 10.24252/jb.v8i2.16320.

Andariana, Andi et al. 2020. “Identification of Biology Students’ Misconceptions in Human Anatomy and Physiology Course through Three-Tier Diagnostic Test.” Journal for the Education of Gifted Young Scientists 8(3):1071–85. doi: 10.17478/JEGYS.752438.

Çuçin, Arzu et al. 2020. “Comparison of Misconceptions about Human Digestive System of Turkish, Albanian and Bosnian 12th Grade High School Students.” World Journal of Education 10(3):148. doi: 10.5430/wje.v10n3p148.

Dewi, Nana Pramawati, and Aris Rudi Purnomo. 2021. “PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS.” 9(3):422–28.

Fauziah, Anida. 2023. “Analisis Miskonsepsi Menggunakan Certainty of Response Index Pada Materi Suhu Dan Kalor Tema 6.” 9(2):165–72.

Indrajatun, Dhevi Anastia Richakza, and Anatri Desstya. 2022. “Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Certainty of Response Index Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4):6345–53. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3244.

Ismi, Winda, and Ryan Ardiansyah. 2020. “Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Fotosintesis Menggunakan Instrumen Four Tier Diagnostic Test.” (JPB) Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya 7(2):2613–9936.

Kemendikbud. 2022. “Ilmu Pengatahuan Alam Dan Soaial Fase A- Fase C.” 5. Retrieved (https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/13. CP IPAS.pdf).

Mariyadi, Mariyadi, and Idam Ragil WA. 2023. “Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Kelas Vi Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Ipa Materi Gaya Gravitasi.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 13(1):77–85. doi: 10.24929/lensa.v13i1.225.

Mu’arikha, Mu’arikha, and Nur Qomariyah. 2020. “Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Pencernaan Dengan Menggunakan Three-Tier Test Pada Siswa Kelas XI SMA.” Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 9(2):199–206. doi: 10.26740/bioedu.v9n2.p199-206.

Mukhlisa, Nurul. 2021. “Miskonsepsi Pada Peserta Didik.” 4(2):66–76. doi: 10.31537/speed.v4i2.403.

Piro, Yousra et al. 2022. “Misconceptions of Upper-Secondary School Students on Doing Behavioral Sciences Research.” International Journal of Educational Psychology 11(1):29–49. doi: 10.17583/ijep.9296.

Rohmadhani, I. A. N. et al. 2021. “Identification Misconceptions Using Movement and Circulatory System Diagnostic Test (MCSD-Test) in XI Class SMA/MA in East Java.” Journal of Physics: Conference Series 1918(5). doi: 10.1088/1742-6596/1918/5/052082.

Rohman, Akhmad Dalil et al. 2023. “Penggunaan Media Kartu Transformasi Energi Pada Mata Pelajaran Ipas Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Mii Degayu 02 Pekalongan.” Prosiding SEMAI 2 35–43.

Siswanto, S. et al. 2022. “Infusing Explicit Argumentation in Science Reading Activities: Helping Prospective Science Teachers Reduce Misconception and Foster Argumentation Skills.” Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi 12(3):177–89. doi: 10.47750/pegegog.12.03.19.

Downloads

Published

2024-01-05

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>