PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PLATFORM DORATOON PADA MATERI MENULIS PUISI KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11584Keywords:
animation video media, doratoon, poetry writingAbstract
ABSTRACT The purpose of this study is to explain the development of animated video media based on the Doratoon Platform on the poetry material of grade IV elementary school students and to determine the quality of media validity. This research is a development research (R&D) using the ADDIE model, namely Analysis, Design, Development, Implemetation, Evaluation. Data collection instruments use validation sheets. The results showed that the procedure of media development went through the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of media validation tests from experts and learning experts (stakeholders) obtained an average score of 82% from a maximum score of 100% and material validation test results from experts and learning experts (stakeholders) obtained an average score of 81% from a maximum score of 100 %. Based on the results of the feasibility test of animated video media, the animated video media developed can be categorized as valid and suitable for use in learning. Keywords: Animation Video Media, Doratoon, Poetry Writing ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengembangan media video animasi berbasis Platform Doratoon pada materi puisi siswa kelas IV Sekolah Dasar serta untuk mengetahui kualitas dari kevalidtan media. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implemetation, Evaluation. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur dari pengembangan media melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Adapun hasil uji validasi media dari expert dan ahli pembelajaran (stakeholder) diperoleh rata-rata skor sebesar 82% dari skor maksimal 100% dan hasil uji validasi materi dari expert dan ahli pembelajaran (stakeholder) memperoleh rata-rata skor sebesar 81% dari skor maksimal 100%. Berdasarkan hasil uji kelayakan media video animasi maka media video animasi yang dikembangakan dapat dikategorikan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Keywords : animation video media, doratoon, poetry writingDownloads
References
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Branch, Robert Maribe. (2009) Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Spinger Science.
Melisa, A.D., & Fadlan, M.N. (2023). Pengembangan Video Animasi Berbantuan Doratoon Pada Tema Makanan Sehat di Kelas V Sekolah Dasar. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajran, 4(2), 901-908.
Munadi, Yudhi. (2010) Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Naja, Hidayatul. (2020). Pengembangan Media Kantong Matika Pada Materi FPB Untuk Siswa Kelas IV SDN 38 Mataram Tahun Ajaran 2020.
Prahastiwi, L., Khosiyono, B. H. C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2023). Analisis Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas 2 SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1362-1370.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319
Rukmi, A. S. (2020) Pengembangan Media Video Animasi Dua Dimensi Untuk Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.
Rusman (2013) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informsi dan Komunnikasi Mengembangkan Profesininalitas Guru. Jakarta :Raja Wali Pers.
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1-16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.