PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 4 KOTA BIMA

Authors

  • Nurjumiati Nurjumiati Universitas Mataram
  • Lalu Sumardi Universitas Mataram
  • Sawaludin Sawaludin Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11546

Keywords:

Video Animasi, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Media pembelajaran video animasi dapat berfungsi sebagai stimulus terhadap pikiran, perasaan, perhatian dan motivasi juga minat dalam memperjelas materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 4 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 11 kelas dan berjumlah 395 siswa. Penarikan sampel diambil secara purposive sampling yaitu kelas X5 (eksperimen) dan X2 (kontrol) yang jumlah siswa masing-masing kelasnya 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Adapaun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 35,9 dan pretest kelas kontrol 36. Rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 86,82 dan posttest kelas kontrol 79,5. Setelah diuji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai sebesar 8,43 sedangkan yaitu 1,69. Kriteria pengujiannya jika  (8,43 > 1,69) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 4 Kota Bima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagafindo persada.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, S, B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kresnandya, F. (2020). Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Vertebrata. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 28–37.

Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sawaludin. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Sarana Pembinaan Nasionalisme Pada Masyarakat Multikultural. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2(1), 68–74.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Tirtarahardja, U., & Sulo, S. L. L. (2005). Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wulandari, I. S., Salam, M., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar PPKN Pada Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 8 Kota Jambi (Universitas Jambi). 1–10.

Downloads

Published

2024-01-01

Most read articles by the same author(s)