ANALISIS MUATAN IPS KERAGAMAN BUDAYA MELALUI FILM ANIMASI ADIT & SOPO JARWO EPS 149 : INDAHNYA TOLERANSI BIKIN HATI BERSERI SEBAGAI IDENTITAS BUDAYA INDONESIA

Authors

  • Rheina Putry Alfiyanthi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Regina Puspita Sarie Universitas Pendidikan Indonesia
  • Trysha Anindara Anindara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Susilawati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11439

Keywords:

IPS, budaya, toleransi

Abstract

Di era globalisasi, identitas budaya Indonesia semakin terkikis. Generasi saat ini lebih menyukai budaya asing dan kurang berminat mewarisi budaya lokal karena dampak kemajuan teknologi yang mengubah pola sosial. Penting melestarikan nilai budaya sambil modernisasi. Film animasi merupakan alat yang potensial untuk mempromosikan identitas budaya Indonesia, khususnya kepada anak-anak. Penelitian ini bertujuan memahami cara film animasi yang mencerminkan nilai-nilai keberagaman budaya, toleransi, dan kehidupan sosial Indonesia melalui analisis isi, termasuk menonton film "Adit dan Sopo Jarwo," mengekstrak dialog dan tindakan, serta menganalisis episode yang relevan dengan nilai budaya dan toleransi dalam skenario film tersebut. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) fokus pada pemahaman masyarakat dan kehidupan sosial untuk menciptakan warga negara yang berpengetahuan dan berketerampilan dalam memajukan aspek sosial dan budaya. Film "Adit & Sopo Jarwo" adalah contoh animasi yang mendorong pesan moral, persahabatan, serta semangat gotong royong dalam beragamnya masyarakat Indonesia. Gotong royong adalah nilai budaya kunci dalam kehidupan sosial Indonesia yang mencerminkan toleransi terhadap perbedaan agama dan suku di masyarakat. Film ini berisi unsur-unsur IPS seperti kerjasama, gotong royong, dan toleransi di antara warga desa, serta berfungsi sebagai alat pembelajaran yang efektif untuk memperkenalkan konsep keberagaman budaya kepada siswa. IPS, budaya, toleransi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrazaq, N. (2021).Analisis konten materi IPS SD/MI pada buku Bandung Purba karya T Bachtiar dan Dewi Syafriani (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Astawa, Putu Ari. Integrasi dalam Nasional Materi Kuliah Kewarganegaraan, Universitas Udayana.2017 https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/6bfed1ab6721a7e36e217799d6017460.pdf

Astawa, Putu Ari. Integrasi dalam Nasional Materi Kuliah Kewarganegaraan, Universitas Udayana.2017 https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/6bfed1ab6721a7e36e217799d6017460.pdf

Basseng. (2019). Modul Pelatihan Dasar Calon PNS: Wawasan Kebangsaan dan Nilai Bela Negara, 2019. https://www.coursehero.com/file/34893587/Modul-8-Kesiapsiagaan-Bela-Negarapdf/

Boer, R. F., & Lesmana, D. (2018). Eksplorasi Faktor Beliefs Dan Attitudes: Kajian Terhadap Social Judgement Theory Di Era Media Digital. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(01), 51-63. https://doi.org/10.30813/bricolage.v4i01.1067

Hadiwidjaja, Joshua Xavier. (2017). Perancangan Video Edukasi Kesenian Jawa Karawitan Dalam Bentuk Animasi Bagi Anak Usia 5-6 Tahun: Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra. 1. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/5563

Haryono, C. G. (2017). Praktek Produksi Hegemoni Militer Melalui Film "Jenderal Soedirman." Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 3(01), 30-42. https://doi.org/10.30813/bricolage.v3i01.844

Marta, R. F. (2017). REFLEKSI HIBRIDITAS BUDAYA DALAM PANCASILA PADA REALITAS DAN MEDIA SEBAGAI IDENTITAS BANGSA. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 3(1), 1–12. https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/article/view/841/745

MD Animation. 2016. Serunya Adit Sopo Jarwo. Yogyakarta: Penerbit B First.

Nahak, M. I..(2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi: Effort to preserve Indonesian Culture in the Era of Globalization Hildigardis: Jurnal Sosilogi Nusantara, 5 (1). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jsn/article/view/7669

Noer, Chandra H. JUSUF KALLA: PERBEDAAN ADALAH PEMERSATU BANGSA. Diakses pada 16 Oktober 2023, dari https://m.antaranews.com/berita/821022/wapres-kalla-perbedaan-adalah-pemersatu-bangsa

Nurazizah, T. S., Ulfiah, Z., & Wahyuningsih, Y. (2023). Analisis Muatan IPS Keberagaman Budaya dalam Film"Adit dan SopoJarwo” Episode “Ondel-Ondel Bikin Denis Jengkel”. Journal on Education, 2840-2847.

Pratama, B. I., Illahi, A. K., Pratama, M. R., Anggraini, C., Sekti Ari, D. P. (2021). Metode Analisis Isi: Metode Penelitian Populer Ilmu-ilmu Sosial. Malang: Unisma Press.

Puranida, I, dkk. (2022). MEMBANGUN PENDIDIKAN KARATER. Padang : PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Safrilsyah, ., & Mauliana, . (2015). Sikap Toleransi Beragamadi Kalangan Siswa Sma Di Banda Aceh. Substantia, 17(1), 103–120.

Sitompul, E., Dhieni, N., & Hapidin. 2022. Karakter Gotong Royong dalam Paket Pembelajaran Tokoh Sema. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(04), 3473

Suryandi, Nikmah. (2017). Eksistensi Identitas Kultural di Tengah Masyarakat Multikultural dan Desakan Budaya Global. https://www.researchgate.net/publication/316264818_EKSISTENSI_IDENTITAS_KULTURAL_DI_TENGAH_MASYARAKAT MULTIKULTUR_DAN_DESAKAN BUDAYA GLOBAL

Tadjuddin Noer Effendi. 2013. “Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini”Jurnal Pemikiran Sosiologi Volume 2 No.1 Hal. 5.

Widodo, J. (2021). Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: MNC Publishing.

Yahya, N., D. (2021). NILAI KEMANUSIAAN DALAM FILM ANIMASI ADIT DAN SOPO JARWO SERTA RELEVANSINYA TERHADAP MULTIKULTURALISME. Skripsi. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14277/1/210617153_Novica%20Dewi%20Yahya.pdf.

Zuchdi, D., Afifah, W. (2021). Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory, dan Hermeneutika dalam Pene

Downloads

Published

2024-03-19