Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Games Educaplay di Kelas IX.4 SMP Negeri 30 Palembang

Authors

  • Asri Universitas Sriwijaya
  • Emil El Faisal PPG FKIP Universitas Sriwijaya
  • Susilawati 3SMP Negeri 30 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25567

Keywords:

: Learning Interest, Educaplay, Civics (PPKn)

Abstract

Minat belajar yang rendah dapat menjadi kendala dalam mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Berdasarkan hasil observasi di kelas IX.4 SMP Negeri 30 Palembang, diketahui bahwa sebagian besar peserta didik menunjukkan minat yang kurang dalam mengikuti pembelajaran PPKn. Hal ini terlihat dari minimnya partisipasi dalam diskusi, kurangnya semangat belajar, serta kecenderungan peserta didik bersikap pasif selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran berbasis permainan, yaitu Educaplay, di kelas IX.4 SMP Negeri 30 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek sebanyak 38 peserta didik kelas IX.4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pada tahap pra tindakan, rata-rata minat belajar peserta didik tercatat sebesar 70,54% (cukup). Setelah penerapan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan menjadi 82,65% (baik). Kemudian pada siklus II, minat belajar peserta didik kembali meningkat secara signifikan menjadi 87,47% (baik). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis permainan seperti Educaplay efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bustomi, Sukardi, I., & Astuti, M. (2024). Pemikiran Konstruktivisme dalam Teori Pendidikan Kognitif Jean Piaget dan Lev Vygotsky. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 16376-16383.

Devi, A., Suliyanto, J., Partiyah, & Rasiman. (2024). Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Melalui Penerapan Pembelajaran Berdifrensiasi Berbantuan Media Umang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 671-680.

Lathifah, U., Manuharawati, & Utami, I. D. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran TipeMake a match dengan Strategi Chalk and Talk. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1776-1784.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243-255.

Paul, I., Wariani, T., & Boelan, E. G. (2022). Hubungan Antara Minat Dan Hasil Belajar Pada Penerapan Media Buku Saku Materi Stoikiometri. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 440-445.

Purwaningsih, I., Oktariani, Hernawati, L., Wardarita, R., & Utami, P. I. (2022). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 10(1), 21-26.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Triratna, I. G. (2023). Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Seni Budaya Pada Peserta Didik Kelas X AP B2 SMK N 3 Denpasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal (JIPKL), 3(3), 174-183.

Downloads

Published

2025-06-06

Most read articles by the same author(s)