PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TGT BERBASIS GAMES CLASS OF CHAMPIONS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PPKn di SMP NEGERI 30 PALEMBANG

Authors

  • Bagus Darmawan Universitas Sriwijaya
  • Emil El Faisal PPG FKIP Universitas Sriwijaya
  • Susilawati SMP Negeri 30 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25152

Keywords:

Motivasi belajar, Model TGT, Games Class of Champions, Pembelajaran kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis Games Class of Champions di kelas IX.6 SMP Negeri 30 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui angket motivasi belajar berdasarkan enam indikator dari teori Uno (2011), yaitu: hasrat untuk berhasil, dorongan belajar, harapan masa depan, penghargaan, aktivitas belajar yang menarik, dan lingkungan belajar yang kondusif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan motivasi belajar peserta didik dari pra-siklus sebesar 71 menjadi 77 pada siklus I, meningkat menjadi 80 pada siklus II, dan mencapai 85 pada siklus III. Peningkatan ini mencerminkan efektivitas model TGT berbasis Games Class of Champions dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif, kompetitif secara sehat, dan menyenangkan. Selain itu, model ini juga mampu mengembangkan keterampilan sosial peserta didik seperti kerja sama, komunikasi, dan sportivitas. Dengan demikian, model pembelajaran ini direkomendasikan sebagai alternatif inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar di tingkat SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, S., & Oktafiana, S. (2023). Penelitian tindakan kelas.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang. Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Arini, A. D., & Sukriono, D. (2025). Peningkatan Motivasi dan Pemahaman PPKN Siswa SMP melalui Implementasi Model PBL Berbasis TGT. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 248-259.

Handayani, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IV MI The Noor Bendunganjati Pacet Mojokerto. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(2), 100-107.

Husnawiyah, H., Zainuddin, Z., & Purwantoro, F. (2025). Pengaruh Cooperative Learning (Time Game Turnamen) dengan Berbantuan Media Spinning Wheel dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 1096-1108.

Rif'ah, N. I., Ceffiriana, P., Hariyono, R., & Hidayati, F. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS GAME CLASS OF CHAMPIONS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VI SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 582-594.

Simbolon, W. A., Ahmad, M., Fadilla, U., & Kristanti, A. T. (2025). MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT). Jurnal PKM Indonesia (JPI), 1(1), 22-31.

Qotimah, C., & Haryati, T. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan TGT Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Plantungan Kabupaten Kendal. Jurnal Spirit Edukasia, 3(01), 1-7.

Yuliawati, A. A. N. (2021). Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi belajar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 356-364.

Downloads

Published

2025-06-06

Most read articles by the same author(s)