EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA KABAR KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Authors

  • Dedi Setiawan Universitas Mataram
  • Hamidsyukrie ZM Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11201

Keywords:

Program Effectiveness, Structural-Functional, and Welfare

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program keluarga harapan dalam upaya peningkatan kesejahteraan di Desa Kabar Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan sumber data berupa Subyek dan Informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif model Miles dan Huberman dengan prosedur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa; (1) Penggunaan dana bantuan sesuai dengan tujuan program. 2). Faktor penghambat program antara lain: a). Masih adanya data penerima yang kurang valid dibuktikan dengan masih adanya data masyarakat khususnya penerima yang belum sinkron dengan data di DTKS, b). Rapat koordinasi antar masyarakat atau sesama penerima masih kurang dalam ketepatan waktu pelaksanaan di beberapa kelompok PKH dan c). Terdapat kendala yang ditemukan pada KPM terkait kehilangan kartu atau lupa PIN ATM, dan 3) Penelitian ini menggunakan 5 indikator efektivitas program dan menggunakan empat sistem tindakan yaitu empat fungsi penting yang diperlukan oleh semua sistem yaitu Adaptasi (A), Pencapaian Sasaran (G), Integration (I), dan Latency (L) atau pemeliharaan pola yang menjadikan pelaksanaan program keluarga harapan cukup efektif.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abizal, N., & Yulindawati, M. (2022). Efektivitas Program Keluarga Harapan terhadap Kesejahteraan Masyarakat Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Basis Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 55-70.

Adirasputra, A. (2018). Peran Kelompok Sadar Wisata Tlatar Seneng dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Downloads

Published

2023-12-07