ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS IV MEMAHAMI TEKS BACAAN DESKRIPSI DI SDN TAMANSARI 01

Authors

  • Vicky Fauziah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Andriana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokhmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10593

Keywords:

membaca pemahaman, faktor-faktor membaca, solusi.

Abstract

Membaca merupakan aspek dari keterampilan dari membaca adalah gerbang pengetahuan karena dengan membaca kita dapat memperoleh informasi, kemampuan membaca bukan hanya sekadar mengenal huruf dan simbol saja, tetapi kemampuan membaca adalah kemampuan yang harus bisa memahami makna atau arti dari sebuah teks yang telah dibaca dan ditulis tidak jarang seseorang hanya bisa membaca saja tanpa paham isi bacaanya. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dibutuhkan suatu strategi yang dapat membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan membaca pemahaman, untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik serta untuk mendeskripsikan kesulitan membaca pemahaman pada peserta didik. Metode penelitian pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik di kelas IV masih rendah hal ini terlihat dari indikator yaitu peserta didik kesulitan dalam memahami bacaan pada soal, peserta didik kesulitan dalam menceritakan kembali, dan peserta didik kesulitan dalam menyimpulkan isi teks. Hal ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal pada peserta didik, solusinya yaitu dengan guru menggunakan media untuk membantu proses pembelajaran serta tidak hanya menggunakan metode ceramah saja, tetapi guru sebaiknya menggunakan model yang bervariasi agar peserta didik aktif dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022).

Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573-5581.

Lestari, R. P. W. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman pada Peserta Didik Kelas VD SD Djama’atul Ichwan Sondakan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021.

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60-78.

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and compotion (circ). Jurnal basicedu, 4(3), 662-672.

Satriani, S. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra', 10(1).

Sumarni dkk (2021). Implementasi Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas V UPT SD Negeri 106 Pinrang. Pinisi:Journal of Teacher Professional, 3(3), 662-665.

Downloads

Published

2023-11-02

Most read articles by the same author(s)