PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET MATH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SD

Authors

  • Husnul Milandari Mahasiswa PGSD Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Trian Pamungkas Alamsyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nana Hendracipta Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10276

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa booklet matematika pada mata pelajaran matematika kelas VI SD, mengetahui kelayakan media booklet matematika dan mengetahui respon siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran menggunakan media booklet matematika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Develeopment (R&D) dengan desain pengembangan model Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate (ADDIE) yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda pada tahun 1990-an. Media booklet matematika ini dilakukan uji validasi ahli meliputi ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Setelah dilakukan uji validasi produk oleh tim ahli, selanjutnya media booklet matematika diimplementasikan kepada siswa dengan subjek penelitian yaitu kelas VI SD Negeri Sukabela yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil uji ahli media booklet matematika ini memperoleh rata-rata persentase keseluruhan sebesar 83% dan termasuk dalam kriteria “valid” dan hasil respon siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan media booklet matematika memperoleh rata-rata persentase sebesar 82% dan termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, media booklet matematika pada mata pelajaran matematika kelas VI SD valid (layak) dan sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil uji ahli media booklet matematika ini memperoleh rata-rata persentase keseluruhan sebesar 83% dan termasuk dalam kriteria “valid” dan hasil respon siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan media booklet matematika memperoleh rata-rata persentase sebesar 82% dan termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, media booklet matematika pada mata pelajaran matematika kelas VI SD valid (layak) dan sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil uji ahli media booklet matematika ini memperoleh rata-rata persentase keseluruhan sebesar 83% dan termasuk dalam kriteria “valid” dan hasil respon siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan media booklet matematika memperoleh rata-rata persentase sebesar 82% dan termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, media booklet matematika pada mata pelajaran matematika kelas VI SD valid (layak) dan sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Booklet Matematika, Matematika SD. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa booklet math pada mata pelajaran matematika kelas VI SD, untuk mengetahui kelayakan media booklet math dan untuk mengetahui respon peserta didik setelah melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media booklet math. Penelitian ini menggunakan metode Research and Develeopment (R&D) dengan menggunakan desain pengembangan model Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate (ADDIE) yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda pada tahun 1990-an. Media booklet math ini dilakukan uji validasi ahli, diantaranya ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Setelah dilakukan uji validasi oleh tim ahli, selanjutnya media booklet math diimplementasikan kepada peserta didik dengan subjek penelitian yaitu kelas VI SD Negeri Sukabela yang berjumlah 28 peserta didik. Pengambilan data diperoleh dengan wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil uji ahli media booklet math ini memperoleh rata-rata persentase keseluruhan sebesar 83% dan termasuk dalam kriteria “valid (layak)” dan hasil respon peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media booklet math memperoleh rata-rata persentase sebesar 82% dan termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, media booklet matematika pada mata pelajaran matematika di kelas VI SD valid (layak) dan sangat baik untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Booklet Matematika, Matematika SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, S. A., dkk. (2021). Analisa Kesalahan Penggunaan Tanda Baca dalam Karangan Peserta Didik Kelas V MIN 2 Takalar. JIPMI: Jurnal Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah, 03 (2): 101- 110.

Agus, I., & Evvy, L. (2023). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Amelia., dkk. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Kedalam Bentuk Media Pop up Book Materi Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 65 Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 8 (02): 44-83.

Atiko. (2019). Booklet, Brosur, Dan Poster. Gresik: Caramedia Communication.

Ayunda, U. (2022). Strategi Jitu Pembelajaran Matematika Asyik dan Seru. Bantul: Ananta Vidya CV.

Fajri, H., dkk. (2022). Kelayakan Booklet Submateri Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Kelas X dari Pemanfaatan Tumbuhan Pangan. Jurnal Bioeducation, Vol. 9, No. 2: 79- 86.

Fitriyah, L., dkk. (2020). Pengembangan Booklet Sebagai Sarana Edukasi Tumbuh Kembang Anak Berbasis Masyarakat. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Gani, A., dkk. (2020). Pendidikan Kesehatan Program Pencegahan Kanker Payudara (terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan remaja). Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Helianthusonfri, J. (2020). Instagram Marketing Untuk Pemula. Jakarta: PT. Gramedia.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Neolaka, A., & Amialia, N. (2017). Landasan Pendidikan. Depok: Kencana.

Nugraha, M. F., dkk. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Tasikmalaya: Edu Publisher.

Panggabean, S., dkk. (2022). Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2023-09-30