PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Assiyanti universitas sultan ageng tirtayasa
  • Sukirwan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Trian Pamungkas Alamsyah FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6446

Keywords:

Pengembangan, Media Komik, Pembelajaran Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk media komik pembelajaran matematika pada materi KPK dan FPB kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, melalui tahapan: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba terbatas, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDIT Al-Hujaj Cilegon yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa pada umumnya semua aspek dalam media komik pembelajaran yang di kembangkan layak di gunakan. Kelayakan diperoleh dari hasil validasi ahli yang memenuhi kritera sangat layak meliputi validasi materi (rata-rata 82,65%) dan validasi media (rata-rata 85%). Sementara itu, data respon peserta didik pada uji coba terbatas diperoleh hasil 83% dan pada uji coba pemakaian hasil diperoleh 81% yang masuk ke dalam kategori baik/respon positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ambaryani, G. S. A. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian(Suato Pendekatan Praktik). Rineka Cipta.

Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sd/Mi. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–27. Https://Doi.Org/Ttp://Dx.Doi.Org/10.31602/Muallimuna.V3i1.952.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Yogyakarta,Gava Media.

Fadillah Ahmad. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36–42. Https://Doi.Org/10.31764/Jtam.V2i1.259

Fitriani, D., Edrizon1, & Yusri Wahyuni1. (2015). Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Pendekatan Scientific Pada Materi Bilangan Bulat Untuk Siswa Kelas Vii Smp. Kumpulan Artikel Wisudawan Program Studi Matematika, 5(1), 1–7.

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96. Https://Doi.Org/10.21831/Jpe.V3i1.4067

Masri, E., Wahyuni, N. P., & Rini, A. M. (2019). Perilaku Memilih Jajanan Dan Kantin Sehat Siswa Sekolah Dasar Dengan Edukasi Media Komik. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 177–185. Https://Doi.Org/Https://Jurnal.Upertis.Ac.Id/Index.Php/Jkp/Article/View/278

Mita, Y., & Jamaluddin, A. (2019). Analisis Penilaian Materi Ahli Berdasarkan Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Profesional Akademisi Program Studi Pendidikan, 1(2), 1–9. Https://Doi.Org/10.35438/Cendekiawan.V1i2.165

Mostofa Abi Hamid, Dkk. (2020). Media Pembelajaran. In L. Tonni (Ed.), Pendidikan (Cetakan Ke, P. 114).

Mutmainanah. (2022). Pemanfaatan Dan Pengembangan Media Pembelajaran (Maisarah (Ed.)). Penerbit Media Sains Indonesia.

Pujianingtias, E. N., Saputra, H. J., & Muhajir, M. (2019). Pengembangan Media Majamat Pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 257–263. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jppp.V3i3.19261.

Rais, H., & Ferinaldi. (2019). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Mata Kuliah Teori Bilangan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Mat-Edukasia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 71–77.

Siyoto Sandu, M. A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (Ed.); Cetakan Ke). Literasi Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D (Cetakan Ke). Alfabeta.

Zainuddin. (2017). Hubungan Antara Minat Baca Dengan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Fisika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar Angkatan 2013. Jurnal Al-Ta’dib, 10(1), 91–108.

Downloads

Published

2022-12-30