PENERAPAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Trian Pamungkas Alamsyah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hikmah Hati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Firdaus Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13632

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui tes pemahaman setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian one-shot case study yaitu dengan keterangan X = Pemberian perlakuan (treatment); O = Observasi setelah treatment (dapat berupa post-test). Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kompetensi belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik dengan menngunakan desain one-shot case study. Hasil tes pemahaman peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning adalah 94,6% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan LKPD berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: LKPD, Matematika, Problem Based Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40.

Kadek, N., Kusuma, D., Riastini, P. N., & Pudjawan, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Arias terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Candikusuma. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 5(No.2), 1–10.

Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145.

Muhammad Daud Siagian. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2, 58–67.

Nurbaeti, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Pedagogos ( Jurnal Pendidikan ), 1(2), 1–10.

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120.

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problembased Learning (Pbl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Sd Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway Xvi. Bina Gogik, 7(1), 53–65.

Saputro, B., Sulasmono, B. S., & Widyanti, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 621–631.

Simanungkalit, N. A. dan H. T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Tunas Baru Jin-Seung Batam Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pythagoras, 2(1), 32–37.

Sumadi, Ahmad Fadlil (2011). Bunga Rampai Mahkamah Konstitusi dan Demokrasi, Jakarta: Konstitusi Press.

Wijayama, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas VI. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 190–198.

Yahya Harahap (1991). Segi-Segi Hukum Perjanjian, Bandung: Alumni, hlm. 220.

Downloads

Published

2024-05-19